Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Friday, August 22, 2008

Tips Membeli Laptop~



Memiliki notebook atau laptop bukanlah sesuatu yang sulit saat ini, mengingat harga notebook itu sendiri semakin hari semakin terjangkau (murah).

Tetapi yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah notebook yang murah berarti kurang bermanfaat atau sebaliknya, notebook mahal mempunyai maafat yang jauh lebih baik?

Kedua pertanyaan diatas adalah tidak benar menurut kami karena semuanya kembali kepada kebutuhan si pemakai. Jadi notebook seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Bagi kami sendiri, sebelum anda membeli notebook sebaiknya ada beberapa hal dasar yang harus anda jawab:

Untuk apa anda membeli notebook?

1.Sebagai pengganti PC/ komputer desktop

Jika ini yang menjadi alasan utama maka carilah notebook dengan ukuran layar minimal 15 inch sehingga anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Tetapi di satu sisi, bila anda juga sering membawanya ke luar (bisnis atau lainnya) maka berat notebook ukuran 15 inch atau lebih akan sedikit mengganggu perjalanan (karena beratnya rata-rata diatas 3kg - 6 kg.

2.Untuk menemani anda yang sering melakukan perjalanan bisnis

Sebaiknya anda memilih notebook dengan ukuran 12 inch atau kurang karena biasanya notebook ini (disebut juga dengan sub-notebook) mempunyai berat yang lebih ringan yaitu antara 1 - 3 kg. Tetapi satu hal yang perlu dipertimbangkan, bila notebook ini juga digunakan sebagai media presentasi ke klien maka sebaiknya anda menghindari membeli notebook ukuran kurang dari 12 inch karena tentu tidak nyaman untuk presentasi ke pelanggan.

Pada intinya ukuran notebook dibagi menjadi beberapa yaitu Mainstream (14" - 15,4"), Thin and Light (10" - 14") dan Desktop Replacement (17" - 21").

Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah ukuran keyboard di notebook, semakin kecil ukuran suatu notebook berarti semakin kecil ukuran keyboard tersebut dan ini biasanya akan membuat kita kurang nyaman.

Setelah anda bisa menjawab pertanyaan diatas maka masih banyak hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

1.Jenis prosesor

Spesifikasi prosesor sangat banyak dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang ada, misal bila anda hanya menggunakan notebook untuk sekedar cek email, browsing atau melakukan pekerjaan rutin di Word atau Excel maka prosesor standar sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan (misal Pentium 4 saja sudah lebih dari cukup)

Bila anda menggunakan komputer untuk disain, edit video sampai bermain game, sangat dianjurkan untuk memilih prosesor yang mempunyai kinerja yang cukup baik (misal Core 2 Duo T7250 atau lebih)

Bila anda kurang paham masalah ini, jangan diabaikan dan cari tahu sedetil mungkin prosesor yang anda butuhkan. Karena bila salah pilih, otomatis ini akan menghambat kinerja atau produktifitas. Dan sebaliknya bila anda membeli dengan spesifikasi yang berlebihan, sama saja dengan pemborosan.


2.Jenis layar (screen)

Walaupun anda sudah menentukan ukuran layar tetapi saat ini anda juga dihadapkan pilihan mengenai tipe layar yaitu standar atau Wide. Kami menyarankan bila harga tidak terlalu jauh berbeda maka format Wide sebaiknya anda pilih karena lebih nyaman dan enak dilihat. :-)

Resolusi layar, kami menyarankan untuk memilih resolusi layar minimal 1024 x 768 karena format ini semakin umum digunakan, terutama untuk layout di website.

Glossy VS Matte mungkin akan membingunkan anda dimana tipe Glossy adalah tipe layar yang terlihat lebih "kinclong" atau bersinar. Tetapi tipe Glossy juga banyak dihindari orang terutama pada saat membaca tulisan yang terkadang kurang nyaman. Kebanyakan pengguna lebih memilih tipe Matte bila lebih sering berurusan dengan teks atau tulisan.


3.Memori

Semakin besar memori (RAM) maka semakin cepat kinerja notebook. Untuk pemakaian standar, memori dengan kapasitas 1GB sudah cukup tetapi bila memungkinkan pilihlah yang berkapasitas 2GB untuk idealnya.

Untuk disain grafis, game dan edit video, kami menyarankan lebih dari 2GB adalah yang ideal

4.Hardisk


Bila kebanyakan file di dalam notebook adalah file dokumen, hardisk dengan kapasitas 80GB sudah lebih dari cukup tetapi bila anda banyak menyimpan file lagu, video dan gambar dengan resolusi tinggi sebaiknya pilih hardisk dengan kapasitas 160GB atau lebih.

5.Media penyimpanan/ baca


Walaupun mungkin tidak dibutuhkan bila memungkinkan pilihlah notebook yang sudah dilengkapi dengan CD/ DVD writer karena mungkin suatu saat kita butuh untuk memindahkan file di dalam notebook ke CD/ DVD atau sebaliknya menyimpan file dari CD/ DVD ke notebook.

Tetapi tidak perlu kuatir, bila notebook anda memang tidak mempunyai media seperti diatas, anda bisa membeli CD/ DVD writers eksternal yang menggunakan koneksi USB. Kembali lagi perlu atau tidaknya, tergantung kebutuhan.

Yang mungkin juga perlu adalah media baca untuk kartu memori (card reader) yang sudah terintegrasi di dalam notebook karena bila anda sering melakukan transfer file foto ke notebook maka dengan adanya card reader ini anda tidak perlu repot lagi untuk membelinya secara terpisah.


6.Koneksitas

-USB

koneksi ini sangat wajib atau harus ada dan ketersediaan koneksi USB lebih dari satu tentu akan lebih baik mengingat saat ini hampir semua perlengkapan komputer menggunakan koneksi ini, mulai dari printer, mouse dan lainnya

-Bluetooth

Semakin banyaknya ponsel dengan fungsi kamera dan koneksi Bluetooth di dalam ponsel maka tentu bila di notebook anda mempunyai koneksi Bluetooth akan lebih memudahkan anda untuk mentransfer hasil foto atau file dari ponsel ke notebook atau sebaliknya.

- WiFi

Semakin banyaknya area hotspot di tempat-tempat umum maka koneksi WiFi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan dan kami menyarankan untuk membeli notebook yang sudah mempunyai koneksi WiFi ini.

-Port Ethernet (Local Area Network/ LAN)

Koneksi ini akan berguna bila anda sering bekerja di area kantor yang mempunyai jaringan kabel LAN.


Tentu saja masih banyak lagi pertimbangan untuk memilih noebook yang sesuai tetapi kami yakin bila anda membaca artikel ini dengan baik maka setidaknya kesalahan anda dalam membeli notebook dapat diminimalisir. :)


3 comments:

  1. he.he..

    gw sih ga beli laptop, tapi dikasih :D

    lbh enak punya laptoplah bro.. bagi gw enaknya :
    1. banyak hotspot yg gratis, di mall2, di restoran, cafe2.. jd tinggal bawa laptop, dah bisa inet2an.. bisa sambil nyantai / kerja jg di sana ( scr orang skrg bnyk yg ke kafe smbl kerja )

    2. bisa dibawa kemana2, kalo mau presentasi tinggal di bawa.. abis tuh jg bisa ketik di atas ranjang, dll. bisa gaya bebaslah..

    3. lbh hemat listrik.

    4. lbh lebar screennya ( wide ).

    Tips yg tdk kalah penting :
    - jangan beli laptop dr merk nya, tp belilah performance nya ( processor, memory, hd, dsb nya ).
    - buat yg hobi jalan2 / bawa kemana2, biasanya lbh disukai yang ukuran kecil & ringan.
    - usahakan tidak install software2 bajakan, atau minimal product2 microsoft jgn yg bajakan.. krn isu2nya bisa ada inspeksi sewaktu2 kalo kita di t4 umum. ( bandara, dsb )

    ReplyDelete
  2. yup, makasih, aku mauuuu dong dikasih >_<

    hix hix hix, pengennya T_T

    ReplyDelete

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online