Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Wednesday, August 6, 2008

Bau Badan? Let' See...









Well, kata bau badan atau yang sering kita sebut dengan BB, bau ketek, dan sebagainya.
As we know, deodoran adalah cara yang paling ampuh, efektif, mudah, dan cepat untuk menekan bau keringat tersebut. Deodoran berfungsi untuk menekan timbulnya BB atau menyamarkannya. Sedangkan antikeringat berfungsi untuk menghambat produksi keringat.

Jika Anda tak memakai deodoran atau antikeringat. Kebiasaan mandi teratur, mengenakan pakaian dari bahan yang menyerap keringat, serta menghindari jenis makanan tertentu, bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi BB yang mengganggu.

Dari mana bau badan itu???
Bau badan muncul ketika terjadi kontak antara beberapa jenis bakteri di permukaan kulit dengan keringat.

Bakteri itu menguraikan lemak dan protein dalam keringat, dan menghasilkan senyawa asam. Senyawa asam inilah yang menimbulkan bau khas tak sedap. Biasanya terjadi di area yang terlindung atau lipatan tubuh.

Faktor lainnya adalah adanya dua macam kelenjar keringat yaitu kelenjar keringat luar yang disebut accrine dan kelenjar keringat dalam atau apocrine. Kelenjar keringat accrine memproduksi keringat bening dan tidak berbau, yang bekerja sejak seseorang masih bayi. Sedangkan apocrine baru aktif saat seseorang menginjak masa pubertas. Jika kelenjar ini terkena bakteri, maka menimbulkan bau tak sedap atau lebih sering disebut bau badan (BB).

Kelenjar accrine tersebar di hampir seluruh permukaan tubuh. Jumlahnya sekitar 1000-2000 kelenjar untuk setiap inci kulit manusia. Cairan keringat yang dihasilkan accrine berfungsi menurunkan temperatur tubuh pada kondisi tertentu. Saat cuaca panas atau usai beraktivitas, tubuh berkeringat untuk menyesuaikan diri dengan suhu sekitarnya.

Kelenjar apocrine hanya terdapat pada bagian tertentu tubuh manusia, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak dan kemaluan. Juga terdapat di lipatan paha, puting susu, dan seputar kaki.

Pada setiap helai rambut terdapat satu apocrine. Cairan keringat hasil produksi kelenjar ini lebih kental dan berminyak, karena mengandung lemak dan protein.

Secara medis rambut ketiak berfungsi memperluas permukaan untuk mengatur penguapan keringat.

Di pangkal rambut itu banyak pori-pori, muara kelenjar keringat yang mengalirkan keringat ke ketiak. Karena lipatan badan itu selalu bergesekan, secara fisiologik dilumasi dengan keringat yang mengandung lemak atau asam lemak.

Bagaimana dengan mencukur bulu ketiak??
Mencukur rambut ketiak dapat mengurangi pengeluaran apocrine yang berlebihan.

Pada kondisi normal, ketiak mengeluarkan rata-rata 400-500 mg keringat setiap 20 menit, pada suhu 35 derajat Celcius.

Antikeringat juga mampu mengurangi keringat hingga 20-25 persen, atau maksimal 40 persen dari produksi normal.

Itu dilakukan dengan cara mempersempit pori-pori kulit tempat keluarnya keringat. Cairan keringat yang tertahan kemudian diserap kembali atau dilakukan resobsi oleh jaringan kulit.

Kemampuan antikeringat terutama disebabkan oleh kandungan bahan aktifnya. Semua jenis deodoran antikeringat biasanya mengandung beberapa senyawa aktif yang berbasis pada unsur aluminium. Yang paling umum digunakan adalah almunium chlorohydrate, almunium chloride, almunium hydroxibromyde, dan almunium zirconium trichlorohydrex gly.

doktersehat.com

2 comments:

  1. Pakai ini ada produk Bagus di jamin PASTI Mak Yoss
    Kalo mau pesan bisa hub saya di Email ini edis21atGmail.com atau 0818 678 211
    Hanya Rp. 20rb saja tambah ongkir kalo mau di paket kan,
    min order 5bh transfer Bank BCA.
    Berbentuk Batu seperti Kristal tapi kalo jatuh bisa pecah.
    cara pakai setelah habis mandi NBC (Natural Body Cristal ) di celup air kemudian tinggal di oleskan ke kethy pagi hari saja.
    Tidak menimbulkan kuning di baju.
    Kalo gak terbukti bisa di kembalikan
    NBC

    Salam

    ReplyDelete
  2. makasih udah promosi di blog aku, siapa yang mau bli siapa siapa ^^

    ReplyDelete

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online