Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Sunday, August 31, 2008

Maafkan Salahku, Ibu...

Hukum kekekalan energi dan semua agama menjelaskan bahwa apa pun yang
kita lakukan pasti akan dibalas sempurna kepada kita. Apabila kita
melakukan energi positif atau kebaikan maka kita akan mendapat
balasan berupa kebaikan pula. Begitu pula bila kita melakukan energi
negatif atau keburukan maka kitapun akan mendapat balasan berupa
keburukan pula. Kali ini izinkan saya menceritakan sebuah pengalaman
pribadi yang terjadi pada 2003.

Pada September-Oktober 2003 isteri saya terbaring di salah satu rumah
sakit di Jakarta . Sudah tiga pekan para dokter belum mampu
mendeteksi penyakit yang diidapnya. Dia sedang hamil 8 bulan.
Panasnya sangat tinggi. Bahkan sudah satu pekan isteri saya telah
terbujur di ruang ICU. Sekujur tubuhnya ditempeli kabel-kabel yang
tersambung ke sebuah layar monitor.

Suatu pagi saya dipanggil oleh dokter yang merawat isteri saya.
Dokter berkata, "Pak Jamil, kami mohon izin untuk mengganti obat ibu".

Saya pun menjawab "Mengapa dokter meminta izin saya? Bukankan setiap
pagi saya membeli berbagai macam obat di apotek dokter tidak meminta
izin saya"

Dokter itu menjawab "Karena obat yang ini mahal Pak Jamil."

"Memang harganya berapa dok?" Tanya saya.

Dokter itu dengan mantap menjawab "Dua belas juta rupiah sekali
suntik."

"Haahh 12 juta rupiah Dok, lantas sehari berapa kali suntik, dok?"

Dokter itu menjawab, "Sehari tiga kali suntik pak Jamil."

Setelah menarik napas panjang saya berkata, "Berarti satu hari tiga
puluh enam juta, Dok?" Saat itu butiran air bening mengalir di pipi.
Dengan suara bergetar saya berkata, "Dokter tolong usahakan sekali
lagi mencari penyakit isteriku, sementara saya akan berdoa kepada
Yang Maha Kuasa agar penyakit istri saya segera ditemukan."

"Pak Jamil kami sudah berusaha semampu kami bahkan kami telah meminta
bantuan berbagai laboratorium dan penyakit istri Bapak tidak bisa
kami deteksi secara tepat, kami harus sangat hati-hati memberi obat
karena istri Bapak juga sedang hamil 8 bulan, baiklah kami akan coba
satu kali lagi tapi kalau tidak ditemukan kami harus mengganti
obatnya, Ppak." jawab dokter.

Setelah percakapan itu usai, saya pergi menuju mushola kecil dekat
ruang ICU. Saya melakukan sembahyang dan saya berdoa, "Ya Allah Ya
Tuhanku... aku mengerti bahwa Engkau pasti akan menguji semua hamba-
Mu, akupun mengerti bahwa setiap kebaikan yang aku lakukan pasti akan
Engkau balas dan akupun mengerti bahwa setiap keburukan yang pernah
aku lakukan juga akan Engkau balas. Ya Tuhanku... gerangan keburukan
apa yang pernah aku lakukan sehingga Engkau uji aku dengan sakit
isteriku yang berkepanjangan, tabunganku telah terkuras, tenaga dan
pikiranku begitu lelah. Berikan aku petunjuk Ya Tuhanku. Engkau Maha
Tahu bahkan Engkau mengetahui setiap guratan urat di leher nyamuk.
Dan Engkaupun mengetahui hal yang kecil dari itu. Aku pasrah kepada
Mu Ya Tuhanku. Sembuhkanlah istriku. Bagimu amat mudah menyembuhkan
istriku, semudah Engkau mengatur milyaran planet di jagat raya ini."

Ketika saya sedang berdoa itu tiba-tiba terbersit dalam ingatan akan
kejadian puluhan tahun yang lalu. Ketika itu, saya hidup dalam
keluarga yang miskin papa. Sudah tiga bulan saya belum membayar biaya
sekolah yang hanya Rp. 25 per bulan. Akhirnya saya memberanikan diri
mencuri uang ibu saya yang hanya Rp. 125. Saya ambil uang itu, Rp 75
saya gunakan untuk mebayar SPP, sisanya saya gunakan untuk jajan.

Ketika ibu saya tahu bahwa uangnya hilang ia menangis sambil terbata
berkata, "Pokoknya yang ngambil uangku kualat... yang ngambil uangku
kualat..." Uang itu sebenarnya akan digunakan membayar hutang oleh
ibuku. Melihat hal itu saya hanya terdiam dan tak berani mengaku
bahwa sayalah yang mengambil uang itu.

Usai berdoa saya merenung, "Jangan-jangan inilah hukum alam dan
ketentuan Yang Maha Kuasa bahwa bila saya berbuat keburukan maka saya
akan memperoleh keburukan. Dan keburukan yang saya terima adalah
penyakit isteri saya ini karena saya pernah menyakiti ibu saya dengan
mengambil uang yang ia miliki itu."

Setelah menarik nafas panjang saya tekan nomor telepon rumah dimana
ibu saya ada di rumah menemani tiga buah hati saya. Setelah salam dan
menanyakan kondisi anak-anak di rumah, maka saya bertanya kepada ibu
saya "Bu, apakah ibu ingat ketika ibu kehilangan uang sebayak seratus
dua puluh lima rupiah beberapa puluh tahun yang lalu?"

"Sampai kapanpun ibu ingat Mil. Kualat yang ngambil duit itu Mil,
duit itu sangat ibu perlukan untuk membayar hutang, kok ya tega-
teganya ada yang ngambil," jawab ibu saya dari balik telepon.
Mendengar jawaban itu saya menutup mata perlahan, butiran air mata
mengalir di pipi.

Sambil terbata saya berkata, "Ibu, maafkan saya... yang ngambil uang
itu saya, bu... saya minta maaf sama ibu. Saya minta maaaaf... saat
nanti ketemu saya akan sungkem sama ibu, saya jahat telah tega sama
ibu." Suasana hening sejenak. Tidak berapa lama kemudian dari balik
telepon saya dengar ibu saya berkata: "Ya Tuhan, pernyataanku aku
cabut, yang ngambil uangku tidak kualat, aku maafkan dia. Ternyata
yang ngambil adalah anak laki-lakiku. Jamil kamu nggak usah pikirin
dan doakan saja isterimu agar cepat sembuh." Setelah memastikan bahwa
ibu saya telah memaafkan saya, maka saya akhiri percakapan dengan
memohon doa darinya.

Kurang lebih pukul 12.45 saya dipanggil dokter, setibanya di ruangan
sambil mengulurkan tangan kepada saya sang dokter berkata "Selamat
pak, penyakit isteri bapak sudah ditemukan, infeksi pankreas. Ibu
telah kami obati dan panasnya telah turun, setelah ini kami akan
operasi untuk mengeluarkan bayi dari perut ibu." Bulu kuduk saya
merinding mendengarnya, sambil menjabat erat tangan sang dokter saya
berkata. "Terima kasih dokter, semoga Tuhan membalas semua kebaikan
dokter."

Saya meninggalkan ruangan dokter itu.... dengan berbisik pada diri
sendiri "Ibu, I miss you so much."

Dikutip dari Jamil Azzaini, Senior Trainer dan penulis buku Kubik
Leadership: Solusi Esensial Meraih Sukses dan Kemuliaan Hidup.

Redaksi mengucapkan terimakasih kepada Sdr Iwan Rachman yang telah
mengirimkan inspirasi ini melalui e-mail (suaramerdeka)

Continue Reading!

Saturday, August 30, 2008

Kisah seekor Anjing yang Rakus..

1 cerita yang bagus banget, cerita ini secara ngga langsung "menembak" orang-orang yang rakus ataupun tamak di dunia ini, yang nggak pernah puas dengan apa yang dimilikinya, yang gak pernah bersyukur atas apa yang dianugrahkan kepadanya

Have a fun reading! ^^


Ada seekor anjing yang terasa bingung saking laparnya, seharian penuh tidak mendapatkan makanan. Saat senja tiba, akhirnya dengan penuh gairah ia melihat sepotong daging yang lezat di atas tanah, ia bergegas menggondol daging itu dan berlari ke tempat tinggalnya. Dalam hati dia merenung "sungguh beruntung sekali, di luar dugaan bisa mendapatkan daging besar ini, saya harus menikmati dengan sepuasnya."

Sambil berjalan ia berpikir, dan tanpa disadari tiba di sebuah sungai, jika sudah melewati jembatan kecil berarti tempat tinggalnya sudah dekat, berpikir sampai di situ ia lantas menggigit lebih erat lagi daging itu, dan berjalan di atas jembatan penyeberangan. Ia berjalan dengan sangat hati-hati, ketika sampai di tengah jembatan, tanpa sengaja ia memandang ke sungai, dan begitu melihat ke sungai bukan main kagetnya, ia melihat ada seekor anjing di sungai itu, menggondol sepotong daging yang besar dan sedang menatapnya.

Dalam hati ia mulai berpikir "wah, daging yang digondolnya itu tampaknya lebih besar dibanding daging saya ini! Jika saya sedikit lebih galak terhadapnya, siapa tahu mungkin ia akan melepaskan daging itu dan lari!"

Makin dipikir ia semakin gembira, lalu mulai galak terhadap anjing di sungai itu. Namun, anehnya, anjing itu sepertinya tidak takut sedikit pun terhadapnya. Ia memelototkan mata, dan anjing itu juga memelototkan matanya; ia berbalik, anjing itu juga berbalik, ia menghentakkan kaki, anjing itu juga ikut menghentakkan kakinya.

Akhirnya, ia benar-benar marah, dalam hati berpikir "lebih baik aku menggigitnya, ia pasti akan lari, dengan begitu aku bisa mendapatkan daging itu," lalu, ia membuka moncongnya dan menggonggong dengan keras "Auh. auh.auh..."

Begitu ia membuka moncongnya, daging dalam gigitannya lalu tiba-tiba terjatuh ke sungai, menghancurkan tubuh anjing yang berada di sungai itu, dan dalam sekejap tenggelam di dalam air lenyap tak berbekas. Percikan air yang dalam menghancurkan semua mimpi si anjing yang rakus ini, dan ia baru menyadari bahwa ternyata anjing itu adalah bayangan dirinya dalam air.

Lalu dengan sedih ia menangis "kalau tahu begini aku tidak akan sedemikian rakus, namun kini, saya harus menahan lapar lagi, ke mana aku harus mencari makan?"

Banyak orang ingin bisa hidup dengan lebih baik, harus mendapatkan lebih banyak, maka disadari atau tidak dapat mencelakakan kepentingan orang lain, tidak puas dengan apa yang sudah diperolehnya. Bahkan ada yang tak segan-segan merampas barang milik orang lain.

Anjing yang rakus ini demi untuk mendapatkan sepotong daging lebih banyak, malah kehilangan makanan lezatnya, lantas apa yang hilang pada manusia yang rakus?
Persaudaraan, persahabatan, hati nurani atau ketenangan hati? Ya, ini semua baru merupakan harta benda yang paling berharga dalam kehidupan!



Hargailah semua yang kita miliki, tidak memaksakan sesuatu yang tidak bisa diperoleh, jangan karena rakus lantas malah kehilangan sesuatu yang sudah ada. "Kalau memang milik kita, pasti akan kita miliki, kalau bukan jangan memaksakan kehendak", orang yang tahu menikmati hidup apa adanya, itulah orang yang benar-benar kaya.

Continue Reading!

Rumput Buatan untuk yang Gak Mau Repot




Mempunyai pekarangan yang luas dengan ditanami rumput yang hijau menjadi idaman sebagian orang tetapi sebagian dari kita kebanyakan gagal mewujudkan impian tersebut karena tidak ada waktu untuk merawat dan juga biaya air yang pasti akan besar untuk menyiram rumput tersebut.

Newgrass adalah rumput buatan (artificial) yang mungkin dapat mewujudkan impian anda karena rumput buatan ini dijamin hampir mirip dengan aslinya dan mungkin tidak ada yang tahu bahwa ini sebenarnya rumput buatan.



Dengan menggunakan NewGrass anda tidak perlu kuatir bahwa rumput ini akan mati dan tentu saja tidak perlu air atau menyiraminya lagi.

Bahan yang digunakan untuk membuat NewGrass ini adalah bahan polyethylene dan terdiri dari 4 jenis NewGrass yang bisa anda pilih.

NewGrass dijual dengan ukuran per square feet mulai dari 350.000 sampai Rp. 550.000 dan semakin mahal, tentu saja kualitas NewGrass semakin baik dan hampir menyerupai bentuk rumput asli.

Dan anda tidak perlu kuatir dengan masalah lingkungan karena NewGrass juga dibuat dari bahan yang sangat ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.

Satu solusi untuk membuat rumah anda terlihat sejuk tetapi tidak repot.

Sumber berita
NewGrass: Artificial Grass as Beautiful and Natural as Real Grass

Continue Reading!

Friday, August 29, 2008

10 Hal yang Imposibel buat Pria!




Mulai dari hamil, hingga lebih panjang umur, berikut 10 hal yang bisa kita lakukan namun tak bisa dilakukan laki-laki.

1. Hamil
Memang sih untuk hamil kita membutuhkan kontribusi pria, tapi tetap saja pria tak bisa merasakan sensasi rasa kagum, takjub, dan ajaibnya mengandung selama sembilan bulan.

2. Panjang umur
Ini fakta lho, umur wanita bisa 5-10 tahun lebih panjang dari usia pria.

3. Multitasking
Bukan hal aneh kalau wanita bisa melakukan banyak hal sekaligus, ngobrol di telepon sambil ngetik dan mendengarkan radio sekaligus. Kaum wanita pula yang bisa melakukan peran ganda; sukses berkarir, jadi ibu rumah tangga, ditambah melanjutkan kuliah S2.

4. Multi orgasme
Pria memang selalu orgasme saat berhubungan seks, tapi cuma wanita yang bisa melakukan sensasi orgasme berulang.

5. Banyak pilihan fashion
Wanita memang mahluk yang indah, tak heran bila para desainer menciptakan lebih banyak pilihan busana untuk bergaya. Mulai dari rok mini hingga gaun pesta yang indah.

6. Pakai high heels
Kita bisa dengan mudah terlihat beberapa inci lebih tinggi dan punya kaki jenjang secara instan.

7. Bersantai di salon
Wanita yang menghabiskan waktu seharian di salon untuk merawat diri adalah hal yang normal. Tapi bila pria melakukannya?

8. Memanjangkan rambut
Tak sempat ke salon untuk memotong rambut? Tenang, dengan rambut panjang Anda justru terlihat lebih seksi. Sedangkan bila pria lupa memotong rambut penampilan mereka jadi tak karuan.

9. Menyalahkan PMS
Lagi nggak mood? Bilang saja Anda sedang haid, orang lain akan mengerti.

10. Punya nama belakang baru
Cuma wanita yang punya tambahan nama baru setelah menikah, mengikuti nama suami.

Continue Reading!

Thursday, August 28, 2008

Atur Dollar di Rumah Anda Sebelum Terlambat!




Sementara para ekonom asyik berdebat mengenai Amerika yang tengah menuju resesi, kita sebagai konsumen juga merasakan dampaknya misal harga-harga yang kian melangit yang tak lagi tertandingi oleh kenaikan pendapatan. Kita tak bisa mengontrol harga karena itulah risiko dari mekanisme pasar yang dibiarkan bebas, namun ada hal yang bisa kita atur terkait dengan keuangan sebagai upaya perlindungan di masa datang saat arah perekonomian tak bisa kita baca.

Ada sejumlah ide sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi masa sulit yang kita tidak tahu kapan datangnya. Tip berikut juga memuat bagaimana cara kita mengatur keuangan saat masa sulit itu datang lebih awal. Nah, simak ya…

1. Kurangi hal tidak penting
Satu cara menghindarinya adalah dengan cara berbelanja menurut kebutuhan, bukan keinginan. Caranya bikin daftar belanja dan berusaha patuh pada daftar itu.

“Lakukan dengan penuh disiplin, jangan biarkan hati mengalahkan rasio saat belanja,” saran Nancy Register, associate director untuk Consumer Federation of America. Ric Edelman, Certified Financial Planner dan penulis “The Truth About Money” setuju dengan pendapat itu.

“Anda harus pastikan tidak berbelanja di luar daftar yang sudah ditetapkan. Atau Anda akan menyesal telah berlaku boros di saat harus berhemat.” Jika Anda punya anak yang menuntut dibelikan ini itu, Linda Sherry, director of national priorities for Consumer Action. Edelman menyarankan,”Ini saat yang tepat untuk menjelaskan kepada mereka mengenai artinya kebutuhan dan keinginan.”

2. Sisihkan dana darurat
Setiap keluarga punya kebutuhan keuangan yang berbeda, namun adakalanya mereka lupa menyisihkan dana cadangan yang akan sangat bermanfaat di masa sulit. Ada yang memang menabung, namun sekenanya saja, asalkan menyisihkan pendapatan. Padahal seharusnya tidak demikian.

“Anda perlu meningkatkan cadangan dana lebih banyak,” saran Edelman. Cobalah untuk membuka tabungan khusus yang memang hanya digunakan di saat darurat, deposito berjangka dan lain-lain yang likuid alias dapat cepat dicairkan saat dibutuhkan. Anda kesulitan menentukan besaran yang harus disisihkan?

“Alokasikan minimal 10% dari gaji yang Anda peroleh setiap bulan,” saran Gail Cunningham, juru bicara untuk National Foundation for Credit Counseling. Jika Anda tak bisa disiplin, minta bank mendebet langsung sebanyak 10% atau nilai yang disepakati begitu gaji masuk ke rekening.

3. Kurangi pos-pos biaya yang kurang perlu
Jika meniadakan acara makan di restoran bersama keluarga sama sekali tidak memungkinkan, maka kurangilah frekuensinya. “Akan lebih efektif untuk mengurangi ketimbang meniadakan sama sekali,” ujar Cunningham, “karena mengubah kebiasaan memang luar biasa sulit.”

Diskusikan hal ini dengan keluarga agar mereka memahami yang tengah terjadi. “Usahakan anggota keluarga mengarah pada tujuan yang sudah ditetapkan. Jadi tak terjadi pemborosan yang tidak perlu.”

4. Giat bekerja
Meski pekerjaan menjemukan, namun jika belum menemukan penggantinya, tetaplah bekerja. Pokoknya amankan posisi Anda di perusahaan sekarang. Jangan lupa memupuk jaringan yang akan banyak membantu Anda kelak. Yakinkan bahwa Anda memang layak dipertahankan, juga dipromosikan.

“Buatlah diri Anda sebagai orang yang layak diajak terlibat dalam sebuah tim yang hebat,” saran Martin Yate, pelatih eksekutif karyawan dan juga penulis buku laris “Knock ‘Em Dead 2008: The Ultimate Job Search Guide.”

Tiga kunci pokok yang dapat membuat Anda ‘dilihat’ adalah analisis kembali berapa besar Anda berkontribusi pada perusahaan, serta jangan takut untuk meningkatkan peran yang menyumbang pada kesuksesan perusahaan. Kedua, selalu update dengan perkembangan terbaru, melanjutkan sekolah misalnya. Ketiga, terlibatlah dalam setidaknya satu organisasi profesional yang terkait dengan profesi Anda. Tak hanya update dengan perkembangan, namun jejaring dari sini juga dapat Anda gunakan di masa sulit.

5. Bersiaplah untuk hal darurat
Anda harus realistis. Jika perusahaan sekarang dalam bahaya, siap-siaplah meng-update resume dan mulai berburu pekerjaan baru. Manfaatkan informasi dari jejaring Anda. Saat perusahaan kolaps, Anda tinggal ‘lompat’ ke tempat baru.

6. Jagalah utang tetap terkontrol
Hanya gunakan kartu kredit untuk kondisi darurat dan usahakan membayar penuh di akhir bulan. Jangan hanya membayar minimal 10% dari total tagihan karena hanya akan menyebabkan beban bunga berbunga. “Jika tidak ada ang, hentikan belanja untuk hal yang tidak perlu. Jangan bergantung pada kartu kredit,” saran unningham.

7. Siapkan dana pesiun
Jika perusahaan tidak memberikan dana pensiun, persiapkan dana pensiun sendiri. Entah melalui asuransi atau dana pensiun lembaga keuangan (DPLK). “Anda harus menyiapkannya. Jangan menunggu perusahaan memberikannya untuk Anda,” saran Edelman.

8. Periksa kembali asuransi Anda.
Anda tak mau terlalu banyak asuransi kan? Makanya cek lagi, apakah asuransi yang Anda miliki sudah cukup, kelebihan atau malah kurang. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Kalau bisa, carilah asuransi yang memenuhi kebutuhan Anda namun dengan premi yang terjangkau.

Continue Reading!

Henpon juga bisa penyakitan ya?

Aneh banget, hari ini, habis pulang sekolah, trus makan bentar kan, sambil liat2 blog, blogwalking lah ^^
Nah habis itu disuruh mama, ke belakang nanyain kenapa hape mama bisa mati trus idup lagi (hape nya dulu bekas hape saya, yang pake kartu CDMA untuk inetan, waktu udah mulai pake speedy, hape itu dikasih ke mama deh).

Nah, saya pun ke belakang trus tanyain ama kokonya (bisa dibilang tukang reparasi, tapi cuma iseng-iseng doang kali ya).
Here's our conversation translated in Indonesia.


Harry : Ko, kooooo (gedor-gedor pintu) <-- kayak rumah sendiri wkwkwk

Ko : (buka pintu) ya ada apa?

Harry : Ko, hape mama aku rusak, coba koko liat deh (ngasih hape ke koko)

Ko : (hapenya dipegang bentar, diutak atik, buka-tutup batere) Pernah jatuh?

Harry : Jatuh? Hmmm (mikir) Agak jarang lah kalo jatuh, tapi kalo lama sih emang udah lama, sekitar 3 tahunan.

Ko : (Utak-atik bentar lagi) Oooh, udah lama, ini memang penyakit hape, kalo semua jenis hape, udah lama juga kayak gitu, punya aku juga kayak gitu yg dulu

Harry : Oooo (pura-pura mengerti), jadi kalo udah lama bisa gitu ya? Bisa diperbaiki lagi ko?

Ko : Gak bisa, yaa, palingan beli hape baru.

Harry : Ohh, gitu ya, oke deh..... Makasih ya ko (go home)



Sebenarnya kalo dipikir-pikir, aneh juga, masa hape bisa penyakitan ya?

Tapi ya biarin lah, namanya juga ini dunia...

Tapi... Bener-bener aneh banget @_@ (gak puas XD)

Continue Reading!

(MUST READ) Aku Mau Mama Kembali...

Aku Mau Mama Kembali - Sebuah kisah teladan dari negeri China

Di Propinsi Zhejiang China, ada seorang anak laki yang luar biasa, sebut saja namanya Zhang Da.
Perhatiannya yang besar kepada Papanya, hidupnya yang pantang menyerah dan mau bekerja keras, serta tindakan dan perkataannya yang menyentuh hati membuat Zhang Da, anak lelaki yang masih berumur 10 tahun ketika memulai semua itu, pantas disebut anak yang luar biasa.
Saking jarangnya seorang anak yang berbuat demikian, sehingga ketika Pemerintah China mendengar dan menyelidiki apa yang Zhang Da perbuat maka merekapun memutuskan untuk menganugerahi penghargaan Negara yang Tinggi kepadanya.
Zhang Da adalah salah satu dari sepuluh orang yang dinyatakan telah melakukan perbuatan yang luar biasa dari antara 1,4 milyar penduduk China .
Tepatnya 27 Januari 2006 Pemerintah China, di Propinsi Jiangxu, kota Nanjing, serta disiarkan secara Nasional keseluruh pelosok negeri, memberikan penghargaan kepada 10 (sepuluh) orang yang luar biasa, salah satunya adalah Zhang Da.

Mengikuti kisahnya di televisi, membuat saya ingin menuliskan cerita ini untuk melihat semangatnya yang luar biasa. Bagi saya Zhang Da sangat istimewa dan luar biasa karena ia termasuk 10 orang yang paling luar biasa di antara 1,4 milyar manusia. Atau lebih tepatnya ia adalah yang terbaik di antara 140 juta manusia. Tetapi jika kita melihat apa yang dilakukannya dimulai ketika ia berumur 10 tahun dan terus dia lakukan sampai sekarang (ia berumur 15 tahun), dan satu-satunya anak diantara 10 orang yang luar biasa tersebut maka saya bisa katakan bahwa Zhang Da dan apa yang dilakukannya, maka saya mau katakan bahwa ia luar biasa di antara 1,4 milyar penduduk China.

Pada waktu tahun 2001, Zhang Da ditinggal pergi oleh Mamanya yang sudah tidak tahan hidup menderita karena miskin dan karena suami yang sakit keras. Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan.
Kondisi ini memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri, ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai. Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini. Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima kenyataan hidup yang pahit di dunia ini.

Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia tidak menyerah.
Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya dan papanya. Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah.
Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil.
Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui. Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya. Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan. Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya. Hidup seperti ini ia jalani selama lima tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat.

ZhangDa Merawat Papanya yang Sakit.

Sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya.
Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya, semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

Zhang Da menyuntik sendiri papanya.

Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli. Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi/suntikan kepada pasiennya.
Setelah ia rasa ia mampu, ia nekad untuk menyuntik papanya sendiri. Saya sungguh kagum, kalau anak kecil main dokter-dokteran dan suntikan itu sudah biasa. Tapi jika anak 10 tahun memberikan suntikan seperti layaknya suster atau dokter yang sudah biasa memberi injeksi saya baru tahu hanya Zhang Da. Orang bisa bilang apa yang dilakukannya adalah perbuatan nekad, sayapun berpendapat demikian. Namun jika kita bisa memahami kondisinya maka saya ingin katakan bahwa Zhang Da adalah anak cerdas yang kreatif dan mau belajar untuk mengatasi kesulitan yang sedang ada dalam hidup dan kehidupannya. Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah trampil dan ahli menyuntik.

Aku Mau Mama Kembali

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepada Zhang Da, Pembawa Acara (MC) bertanya kepadanya, "Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu, berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah, besar nanti mau kuliah di mana, sebut saja.
Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, orang terkenal yang hadir. Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui layar televisi, mereka bisa membantumu!"
Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun berkata lagi kepadanya, "Sebut saja, mereka bisa membantumu"

Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar iapun menjawab, "Aku Mau Mama Kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu Papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama Kembalilah!"
demikian Zhang Da bicara dengan suara yang keras dan penuh harap.
Saya bisa lihat banyak pemirsa menitikkan air mata karena terharu, saya pun tidak menyangka akan apa yang keluar dari bibirnya. Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya, mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya, mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit, mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, melihat katabelece yang dipegangnya semua akan membantunya.
Sungguh saya tidak mengerti, tapi yang saya tahu apa yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya. Aku Mau Mama Kembali, sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendamnya sejak saat melihat mamanya pergi meninggalkan dia dan papanya.
........... ......... ......... ......... ......... ......... ......... .......

Tidak semua orang bisa sekuat dan sehebat Zhang Da dalam mensiasati kesulitan hidup ini. Tapi setiap kita pastinya telah dikaruniai kemampuan dan kekuatan yg istimewa untuk menjalani ujian di dunia. Sehebat apapun ujian yg dihadapi pasti ada jalan keluarnya... ditiap-tiap kesulitan ada kemudahan dan Allah tidak akan menimpakan kesulitan diluar kemampuan umat-Nya.
Jadi janganlah menyerah dengan keadaan, jika sekarang sedang kurang beruntung, sedang mengalami kekalahan... .bangkitlah!
karena sesungguhnya kemenangan akan diberikan kepada siapa saja yg telah berusaha sekuat kemampuannya.



* Hidup adalah kesempatan, gunakan itu.

* Hidup adalah keindahan, kagumi itu.

* Hidup adalah mimpi, wujudkan itu.

* Hidup adalah tantangan, hadapi itu.

* Hidup adalah kewajiban, penuhi itu.

* Hidup adalah pertandingan, jalani itu.

* Hidup adalah mahal, jaga itu.

* Hidup adalah kekayaan, simpan itu.

* Hidup adalah kasih, nikmati itu.

* Hidup adalah janji, genapi itu.

* Hidup adalah kesusahan, atasi itu.

* Hidup adalah nyanyian, nyanyikan itu.

* Hidup adalah perjuangan, terima itu.

* Hidup adalah tragedi, hadapi itu.

* Hidup adalah petualangan, lewati itu.

* Hidup adalah keberuntungan, laksanakan itu.

* Hidup adalah terlalu berharga, jangan rusakkan itu.



Hidup adalah hidup, berjuanglah untuk itu.


Continue Reading!

Wednesday, August 27, 2008

Tips Berhadapan dengan Klien yang "Ribut"



Klien adalah raja. Slogan ini sepertinya sudah jadi pemikiran wajib mereka yang bekerja di garda depan penjualan atau customer service. Namun, tetap saja mengesalkan ketika ada “raja” yang berlaku menyebalkan. Perlu trik tersendiri untuk membuat Si Raja senang, dan urusan pun lancar.

Ilmu melayani klien memang ilmu yang memerlukan strategi dan siasat yang tidak enteng. Sama seperti hendak menghadapi peperangan, Anda juga mesti kenal siapa yang Anda hadapi. Maklum, karakter klien macam-macam. Apalagi yang masuk kategori menyebalkan. Tapi tenang, semuanya bisa dibuat bertekuk lutut pada Anda. Berikut, beberapa tipe klien yang dianggap ‘ajaib’, plus solusi menghadapinya.

- Si Bertele-Tele
Anda sudah menjelaskan panjang lebar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, ketika diminta untuk bertanya, dia malah bingung sendiri dengan pertanyaannya. Maunya bertanya A, tapi yang ke luar malah pertanyaan B.

Solusi: Anda sebaiknya berpegang pada standarisasi jawaban yang telah disiapkan perusahaan. Sebaiknya, fokuslah pada permasalahan yang ditanyakan. Ketika dia melontarkan sejumlah pertanyaan, tariklah benang merah dari pertanyaannya. Hindari menjawab pertanyaan yang tidak ditanyakan.

- Si Pemarah
Tipe ini bisa dideteksi sejak awal, misal sikapnya tak bersahabat. Wajahnya seringkali terlihat tertekuk delapan. Sulit diajak kerjasama. Kesalahan kecil saja bisa memicu kemarahannya. Dan, ketika marah, ia tidak sungkan-sungkan nyerocos menumpahkan kemarahannya pada Anda meski di depan banyak orang.

Solusi: Semarah apa pun dia, Anda dituntunt sabar. Jangan memotong ucapannya, karena itu akan membuat dia tambah meledak. Tunggu sampai ada jeda, baru bicara. Kemukakan pembelaan Anda secara diplomatis. Gunakan kalimat yang mudah ia mengerti, turunkan nada suara Anda. Setelah Anda menjelaskan duduk persoalannya, beri dia solusi. Hindari menggunakan kata saya tapi kami. Hal ini agar Anda tak terlalu sakit hati karena kemarahan klien bukan ditujukan pada Anda secara pribadi.

- Si Pencari Kesalahan
Klien tipe ini senang membanding-bandingkan. Tidak ada yang terlihat bagus di matanya. Entah mengapa, mereka selalu bisa menemukan celah untuk melihat kesalahan Anda. Dan kesalahan Anda bisa dijadkan kartu truf untuk menekan Anda.

Solusi: Ketelitian sangat diperlukan untuk menghadapi klien seperti ini. Berhati-hatilah dalam menerangkan produk atau program Anda kepadanya. Pelajari secara mendalam product knowledge, beserta kelemahan dan kelebihannya. Lirik juga produk lain sebagai perbandingan. Semakin Anda kenal produk Anda, Anda punya senjata ampuh untuk memenangkan argumentasi dengan mereka. Sehingga Anda tak terkesan ragu-ragu yang membuat dia leluasa menekan Anda.

- Si Supercerewet
Klien sepertin ini banyak maunya. Dikasih satu minta dua, diberi diskon sepuluh minta dua puluh. Segala hal bersifat printil-printil juga menjadi concernnya. Parahnya, dia bisa mengacak-acak kerjaan Anda karena dianggap tak sesuai seleranya.

Solusi: Menghadapi klien rewel seperti ini jurusnya hanya satu, sabar. Posisikan diri Anda sebagai penasihat terbaik sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Ini akan membuat klien lebih mudah dikendalikan. Hadapilah permintaan klien dengan bijak. Jangan buru-buru bersikap menolak. Sebaliknya, giring dia agar menuruti keinginan. Berilah mereka alsan untuk mengatakan ya, misal dengan mengedepankan keuntungan yang akan mereka peroleh bila mereka menurut Anda.

- Si Pencari Dukungan
Klien tipe ini biasanya selalu dikeliling banyak ‘kurcaci’ yang ikut andil dalam membuat keputusan. Akibatnya, ia tidak pernah mantap mengambil keputusan. Keputusan akan terus berubah tergantung dari siapa di antara kurcacinya yang paling keras ‘bernyanyi’.

Solusi: Siapkan waktu lebih banyak untuknya. Buatlah dia ‘mendengarkan’ Anda. Kalau perlu, lakukan pendekatan pada salah seorang teman dekatnya yang biasa ia dengar pendapatnya. Mungkin dia bisa jadi corong Anda untuk ‘memanas-manasinya.’ Kalau dia sudah mengambil keputusan, segera buat perjanjian atau komitmen di atas kertas sebelum pikirannya berubah lagi. Ada cara pamungkas yang bisa Anda gunakan untuk melicinkan jalan. Jadikan dia teman. Gunakan cara personal untuk mendekati mereka. Terkadang persuasi personal lebih mengena pada orang-orang tertentu.

Continue Reading!

Seks yang Lucu di Seluruh Dunia



Banyak cerita menarik seputar seks yang mungkin tak pernah Anda bayangkan atau belum pernah Anda dengar di sini.

Beijing, China
Setelah 14 tahun, akhirnya pemerintah setempat berjanji akan mengakhiri larangan berkunjung bagi turis yang menderita HIV.

Nottingham, Inggris
Sebuah kehebohan terjadi di salah satu sekolah di kota ini gara-gara seorang penari erotis beraksi di sekolah dalam rangka ulang tahun ke-16. Setelah diusut ternyata ibu si bocah sebenarnya memesan gorila dan balon sebagai pesta kejutan di sekolah, entah karena salah jadwal atau salah pesan, yang datang justru penari erotis berpakaian polisi.

Berlin, Jerman
Setelah menikah selama 19 tahun, seorang istri menolak untuk tidur dengan suaminya karena alasan suaminya sudah tua. Sang suami, Rolf Eden (78) menuntut istrinya dengan tuduhan bersikap diskriminasi terhadap usia.

Sidney, Australia
Sebuah sanggar tari lokal di sana membuka kelas pole dancing (menari di tiang seperti yang biasa dilakukan penari striptease) untuk anak-anak berusia 7 tahun.

Roma, Italia
Seorang guru yang sudah berusia lanjut diberhentikan dari sekolahnya karena ketahuan punya pekerjaan sampingan sebagai bintang porno di internet.

Singapura
Seorang pria menuntut wanita lebih dari Rp 1,8 miliar karena telah menularkan herpes.

Madrid, Spanyol
Dua orang kartunis sebuah koran didenda Rp 40 juta karena menggambarkan putera mahkota pangeran Filipe sedang berhubungan seks dengan istrinya.

Mombasa, Kenya
Departemen pariwisata dan manager hotel di sana sedang menimbang bagaimana mereka menghentikan wisata seks yang sedang booming, di mana wanita-wanita bule didapati suka mengencani pria muda lokal. Sebagai gantinya mereka akan diberi hadiah.

Tokyo, Jepang
Fetish seks paling populer di dunia Harujuku saat ini disebut dengan istilah “boneka terluka”, yakni wanita, yang sebenarnya sehat, tapi membalut bagian-bagian tubuhnya dengan perban untuk menarik perhatian pria.

Continue Reading!

Tuesday, August 26, 2008

Sedikit tentang Hari ini...

Met sore reader.....

Bosen juga yah, akhirnya saya mutusin untuk nulis lagi postingan "About Me" yang rada ngebosenin untuk sebagian besar reader pastinya.

Tapi mau gimana lagi, memang keinginan saya untuk menulis sangat besar, jadi gak bisa ditahan-tahan lagi (For God's sake!)




Ok ok, a little bit about today, seperti biasa, datang ke sekolah dengan terlambat (a good start of the day), nah, sampai ke kelas, Mami Erni (panggilan sayang untuk Bu Erni, wali kelas tercinta) udah mulai ngajar mate. Sialnya, pada pagi ini moodnya gak baik, sehingga saya terkena hukuman berdiri untuk beberapa menit (this doesn't make sense) haha.

Bukan cuma itu saja, sialnya lagi, nasi goreng yang saya bawa dari rumah jatuh, berserakan di seluruh tas, kena buku-bukunya semua... Coba bayangin aja deh, ini udah kejadian yang kedua kalinya (yang pertama kali itu tahun lalu). Yaudah, pasrahin aja, habis itu disuruh kerja soal ama mami, untungnya soalnya gampang banget, cuma disuruh gampang aja, itu juga salah salah XD (malu banget!)

Nah, abis itu ya udah, kerjain soal, trus disuruh masuk deh, nah di dalam itu, bersihin semua buku-buku nya, gila ah, nasi goreng gitu bertebaran di buku, bayangin aja, sebiji demi sebiji dikutip dari bukunya, ada beberapa butir nasi juga yang jatuh, padahal kan udah dikasih tahu kalo sebutir nasi sejuta keringat.

Nah, langsung aja ya reader, yang lucu pada hari ini di sekolah yaitu, si Priscillia nanya kayak gini, saya ketikin aja ya kira-kira conversationnya yang udah diterjemahin dalam Bahasa Indonesia, soalnya kita ngomong pake Bahasa Mandarin (cieh, sombongnya!) wkwkkw:



Pris : Harry, memangnya kamu biasa cerewet kayak gitu ya?
Harry : *berpikir sebentar* Yup!
Pris : Jadi kapan kamu gak cerewet??
Harry : Ya... Kalau lagi
bad mood atau bete aja.
Pris : Loh? Jadi kalau kamu lagi bt atau bad mood biasanya diem?
Harry : Iya *ngangguk*
Pris : Kok bisa gitu?
Harry : Ya... Emang udah dari sono nya sih kayak gitu.. Emang kenapa tiba-tiba tanya?
Pris : *geleng geleng kepala*
Harry : Emang biasanya aku cerewet ya?
Pris : Iya..
Harry : Oohh, ya udah


Nah, yang lucu dari ini apa ya? Gak tau, tapi yang pasti saya ngerasa lucu aja ditanyain gitu tiba-tiba.
Emang kenapa sih? Gak boleh cerewet ya? ^^

Yauda, nah, abis itu, yaudah, lonceng berbunyi (ting nong)...


Saya pun pulang, pulang sampai ke rumah, wow, keajaiban terjadi......



Saya gak makan sampai malam saya ngetik ini, anehnya? Gak lapar sama sekali ^^
OK! Setelah pulang, saya mandi bentar, nah, saya langsung online, kerjain tugas agama....

Abis tugas agamanya siap, saya pun iseng online, eh.. ketemu ama si Yau Hui, user yang baru ngasih comment ke blog saya, website dia boleh juga tuh, silahkan dilihat, untuk santapan rohani ^^.
Nah, saya pun chat sama dia, selama 2 jam, gila juga ya ^^
Topiknya, seputar blogging lah, macam macim tentang blogging, wah hebat juga yah bisa chat sampe 2 jam an padahal cuma 1 topik doang.
Dan yang bikin terkejutnya, orang ini, rupanya temen kerjanya Sandi!


-- Sekilas tentang Sandi --
temen igo yang kenalan di internet dulu, kalo gak salah kita kenalan itu udah 2 tahunan, atau mungkin lebih yah, yang pasti, dulu saya sempat di"anugrahi" gelar "Raja Chat" sama Sandi, soalnya saya kerjanya chat mulu tiap hari, haha.
OK, saya pertama kali ketemu ama kakak Sandi ini tahun lalu, waktu IGC (Indonesian Go Championship) yang pertama diadakan di Jakarta.
Wah, gak nyangka banget, tampangnya masih kayak umur 17-an, padahah aslinya... *sensor*
---------------------------



OK, that's all about Sandi, back to my post!
Nah, rupanya ini Yau Hui juga temen kerjanya Sandi, dulu sekantor.
Wah, rupanya Yau Hui bisa nyasar ke blog saya rupanya gara-gara Sandi yang promosi. Makasih yah San, udah bisa kenalan ama 1 teman lagi dari Jakarta :D

Segini aja deh, well, kesimpulannya?

Percakapan dengan Priscillia aneh banget (ngakak)
Hari ini fun chat selama 2 jam ama Yau Hui, ternyata banyak yang sama diantara kita ^^

Lastly, terima kasih untuk semua-semua yang udah bersedia ngabisin waktu untuk membaca postingan yang tidak berguna ini ^^


Continue Reading!

Kalkulator Pertama dengan Bahan Daur Ulang!



Perusahaan Canon di Malaysia belum lama ini telah meluncurkan produk kalkulator pertama di dunia yang dibuat dari bahan daur ulang (recycled).

"Kalkulator Lingkungan" (Environmental Series Calculator) yang dirilis Canon ini bukan saja pada bagian komponen atau suku cadang yang terbuat dari bahan daur ulang tetapi juga bagian kecil lainnya, seperti label, kotak pembungkus (packaging) dan buku manual juga dibuat dari kertas daur ulang.

Berbicara tentang kalkulator itu sendiri, siapa yang tidak butuh dan bisa dibayangkan kan kalau semua kalkulator di dunia ini menggunakan bahan daur ulang. :-)

Continue Reading!

7 Dusta yang "Laki Banget"



Tak bisa disangkal, setiap orang pasti pernah berbohong. Kebohongan-kebohongan yang kita lakukan tak selamanya bermaksud negatif. Berikut beberapa contoh kebohongan yang kerap dilontarkan oleh kaum pria dan maksud di balik itu..

1. “Tidak, Kamu tidak gemuk kok,”
Kalimat ini mungkin familiar, karena mungkin Anda pun sering menanyakannya. Sekalipun tahu faktanya, Anda hanya ingin pengakuan dari dirinya. Laki-laki juga tahu hal itu. Sekedar informasi, mereka sebenarnya tersiksa dengan pertanyaan: “Apakah aku tampak gemuk?” karena mungkin bisa jadi jawabannya tidak sesuai dengan harapan Anda. Karena itu untuk menghindari bantingan pintu atau wajah cemberut Anda, mereka tentu saja memilih jawaban yang ingin Anda dengar diikuti pujian lain seperti :”Kamu cantik…” dll.

2. “Kita bicarakan nanti yaa…”
Kalimat ini sebenarnya untuk menyelamatkan mereka dari pertengkaran kecil yang Anda mulai, karena menuntut penjelasan darinya. Menurut pengakuan beberapa laki-laki, mereka sebenarnya tidak pernah berniat untuk membahas masalah tersebut karena menurut mereka percuma apalagi jika hal tersebut memang salahnya.

3. “Aku menyukai masakanmu!”
Jika Anda tidak bisa memasak, memasak makanan berat adalah beban bagi Anda. Jika pasangan diminta menilai, maka ia akan memilih untuk tidak mengatakannya karena menurut mereka masakan enak atau tidak, tidak penting karena Anda sudah mau memasak untuknya. Indah bukan !

4. “Aku tidak pernah melirik perempuan lain”
Entah Anda percaya atau tidak, tetapi fakta mengatakan tidak ada laki-laki normal yang tidak pernah melirik perempuan lain. Pasangan tahu bahwa Anda tidak suka jika mereka melirik atau memikirkan perempuan lain. Karena itu mereka tidak akan pernah mengatakan kalau mereka melirik rekan perempuan yang seksi di kantor atau memimpikan memiliki pacar seperti Jenifer Lopez karena itu menyakiti Anda.

5. “Aku juga suka film drama komedi”
Laki-laki yang menyukai film drama komedi seperti film Meg Ryan, itu sangat jarang. Dan mungkin pasangan Anda bukan salah satunya. Namun mereka tidak akan pernah mengatakan betapa tidak realistis, konyol dan membosankan film itu. Mereka tidak akan menolak saat Anda mengajaknya ke bioskop jika mereka tahu Anda sangat menyukainya. Daripada mereka repot-repot menjelaskan pada Anda, mereka akan langsung berinisiatif untuk membeli pop corn dan minuman untuk menyibukkan diri mereka sendiri.

6. “Saya suka menghabiskan waktu dengan keluargamu”
Ini memang tidak terjadi pada setiap pasangan, namun jika Anda tahu bahwa keluarga Anda terlebih orang tua banyak menuntut dari pasangan, Anda juga akan merasa risih. Alasan pasangan tetap bertahan adalah karena dia tahu keluarga Anda penting. Dan kunci untuk memenangkan hati perempuan adalah melalui keluarganya, walaupun keluarga Anda menutut banyak dan sangat cerewet padanya.

7. “Saya minta maaf “
Kata-kata ini memang cukup ampuh untuk membuat Anda kembali tersenyum, Namun hati-hati jika ia sering mengucapkan hal ini, karena bisa jadi alasan ini adalah caranya menghindari perdebatan panjang lebar setelah melakukan kesalahan. Mungkin maksudnya memang adalah ia menyesal dan berjanji tidak akan melakukannya lagi, namun makna lainnya adalah, ia ingin Anda tidak membahasnya lama-lama. Cerdik kan!

Jika pasangan Anda ternyata pernah mengatakan beberapa kalimat di atas, jangan langsung menuduhnya berbohong, namun pahamilah di balik kebohongannya. Paling tidak, dia mau berkorban membohongi hati nurani demi kebahagian Anda. Nikmati saja kebohongan – kebohongan manis itu.

sumber: astaga.com

Continue Reading!

Mitos-mitos seputar Search Engine Optimization

Nahh, untuk para blogger di Indonesia yang gila ama page rank, alexa rank, apa pun itu, pasti udah kenal ama yang namanya SEO, atau minimal harus tau lah... untuk meningkatkan rank traffic di blog/website ownernya :D
atau untuk yg gak tau, saya bahas dikit deh ^^

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk meningkatkan trafik blog melalui mesin pencari. SEO akan membuat artikel yang kita tulis berada di peringkat pertama mesin pencari untuk kata kunci yang sesuai.


Teknik SEO akan terus berubah mengikuti perkembangan jaman, walaupun demikian, dasar dari SEO tidak akan ikut berubah.

Berikut lima mitos tentang SEO yang sering kita jumpai pada masyarakan online. Dengan mengetahui mitos mitos ini, kita akan lebih memahami tentang SEO berikut pernak perniknya.

1. Popularitas Instan

Beberapa orang beranggapan bahwa dengan SEO mereka akan mampu populer secara instan, misalnya blog mereka akan nangkring di urutan pertama mesin pencari. Menjadi yang pertama di mesin pencari merupakan tujuan dari SEO tetapi hal ini tidak akan kita dapatkan dengan cepat atau instan. Dampak dari SEO baru akan kita rasakan setelah 3 sampai 4 bulan berjuang, bahkan ada beberapa diantaranya yang mencapai tahunan. Jangan pernah menyerah, kegiatan ini memang butuh waktu dan nantinya hasil yang kita dapatkan akan sesuai dengan waktu yang kita habiskan.

2. Satu Langkah Selesai

SEO bukanlah pekerjaan yang sekali melangkah lalu selesai. Atur ini dan itu lalu lupakan begitu saja. SEO merupakan kegiatan yang berjalan secara terus menerus selama blog kita hidup. Tanamkan pikiran bahwa SEO ibarat perang yang tiada akhir. Tulislah sebuah artikel blog lalu lakukan SEO dalam beberapa menit atau jam lalu lihat hasilnya. Lakukan hal ini terus menerus dan berulang ulang tanpa mengenal lelah.

3. Sekali Jago SEO Akan Tetap Jago SEO

Jika anda sudah menanggap diri anda jago di bidang SEO, cobalah melihat beberapa bulan kedepan, masihkah apa yang anda lakukan hari ini lebih jago dari yang lain. Di dalam dunia maya yang maha luas ini, segala sesuatu dapat berubah dengan cepat dan banyak hal terjadi tanpa sepengetahuan kita. Oleh sebab itu, tetaplah melakukan optimisasi pada blog anda walaupun saat ini memang sedang berada di puncak.

4. Semua Link Adalah Sederajat

Di dalam dunia mesin pencari, link atau taut tidaklah sederajat. Beberapa link mempunyai kekuatan yang lebih daripada link yang lainnya. Link semacam ini dikenal dengan nama relevant link. Relevant link adalah link yang langsung menunjuk ke blog anda dari blog yang sejenis dengan blog anda. Tapi jangan lalu beranggapan bahwa link yang tidak relevan tidak bermanfaat sama sekali, semua link sekecil apapun itu tetap berguna bagi blog kita. Link - link ini akan bermanfaat dalam menentukan peringkat blog anda di mata mesin pencari. Mulai detik ini, segeralah berburu link yang relevan untuk menjadikan SEO anda lebih dasyat. :)

5. Link Eksternal Merupakan Satu Satunya Jalan

Hal yang paling utama dari SEO adalah membangun link yang baik dan tertata di blog anda. Jika kita selalu berusaha membangun link dari luar blog kita sementara link internal blog kita acak acakan, hal tersebut merupakan tindakan yang salah. Anda harus menyisihkan waktu barang beberapa menit untuk mengubungkan link yang relevan dalam blog anda. Salah satu cara singkat melakukan ini adalah dengan menggunakan semacam plugin yang berfungsi untuk memanggil related post atau similiar post.

SEO merupakan teknik untuk lebih berkenalan dengan mesing pencari. Jika kita selalu bekerja keras, selalu menemukan ide ide baru serta melakukan perubahan yang anda anggak perlu maka anda akan sukses di dunia SEO.

Continue Reading!

Monday, August 25, 2008

Bobol ATM dengan MP3 Player!! WOW!




Seorang pria di Manchester, Inggris, berhasil membobol sebuah mesin

uang (ATM) hingga mampu membelanjakan Rp 3,4 miliar (200 ribu

Poundsterling). Semua itu dilakukan dengan MP3 Player.

Pria itu bernama Maxwell Parsons (41), ia melakukan pembobolan Anjungan

Tunai Mandiri di sebuah toko dengan memasang MP3 Player miliknya di

bagian belakang mesin. Ia bisa melakukan itu karena ATM tersebut bukan

tipe yang merekat pada tembok.

MP3 Player Parsons mampu merekam data nasabah ATM tersebut. Data

tersebut kemudian digunakan untuk membuat kartu palsu yang digunakan

untuk berbelanja, Minggu (19/11/2006).

Pembajakan data dilakukan MP3 Player saat data dikirimkan via jalur

telepon. Nada-nada yang muncul direkam dan digunakan untuk membuat

duplikat kartu nasabah yang menjadi korban.

Akibat perbuatannya, Parsons diganjar hukuman 32 bulan penjara. Meski

modusnya itu berhasil membobol 200.000 poundsterling, Parsons disebut

hanya memperoleh keuntungan 14.000 poundsterling.

Uniknya, Parsons tertangkap karena ia melakukan pelanggaran lalu

lintas. Saat diperikas, terungkap bahwa ia memiliki kartu palsu. Saat

rumahnya digeledah terkait kasus kartu palsu itu, Kepolisian Manchester

pun menemukan bukti-bukti pembobolan ATM yang dilakukannya. Diduga

Parsons tidak bekerja sendirian.

sumber : http://berita.kafedago.com

Continue Reading!

Danau Toba Posting, error!


Waktu perjalanan menuju Danau Toba






Foto yang diambil pas lagi di Hotel Niagara, pemandangannya bagus banget


Dari Hotel Niagara juga, keren ^^, pemandangannya menyejukkan mata, swear :)

Mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk reader yang udah nunggu cerita dari Parapat kemaren, setelah dipost, rupanya servernya gak beres, sehingga postingan yang tersave di draft hilang cuma setengahnya aja, ditambah lagi dengan kemalasan dari digikid sendiri untuk mengetik ulang semuanya (setengah jam lebih...), jadi, saya cuma lampirkan foto-foto yang berkesan selama di Parapat saja, mohon maaf sekali lagi...


Tapi, kalau ada yang mau postingan yang udah tercut, boleh, silahkan email saya secara pribadi ^^

Continue Reading!

Laptop Rp. 100.000,- di India (mau dong) :D



Untuk mendukung pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan, pemerintah India mendorong pengembangan laptop seharga 10 dollar AS atau sekitar Rp100.000-an. Laptop tersebut akan dipakai di sekolah-sekolah menengah atas.

“Risetnya akan dilakukan Institut Sains India di Bangalore dan Institut Teknologi India di Chennai,” ujar D Purandeswari, Menteri Negara Pendidikan Menengah India dalam sebuah konferensi pers di Delhi, Selasa (29/7). Ia tidak menyebutkan lebih lanjut mengenai spesifikasi komputer tersebut, namun memastikan sebagian ongkos pembuatannya akan disubsidi pemerintah.


Selain penyediaan laptop murah, pemerintah India juga mengembangkan peralatan akses Internet murah. Jaringan Internet akan dibangun sampai ke pelosok untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh berbasis IT. Sekolah-sekolah menengah rencananya juga akan diberi bandwidth cuma-cuma untuk mengakses Internet dalam program pendidikannya.

India termasuk negara dengan penetrasi Internet rendah. Dari 1,13 miliar penduduk, hanya terdapat 4,38 juta pelanggan Internet berkecepatan tinggi.

Upaya memajukan IT India untuk pendidikan telah dirintis sejak lama bersama dengan sejumlah perusahaan besar seperti Microsoft dan Intel. India juga pernah mencanangkan pengembangan komputer dengan harga murah sebelumnya.

Pemerintah India tidak berminat dengan program One Laptop Per Child (OLPC) yang digagas Nicholas Negroponte. Alasannya, pemberian laptop untuk setiap anak sekolah dinilai akan menghasilkan dampak sampingan terutama menghambat kreativitas dan daya analisis. Meski demikian, pilot project OLPC dilakukan di sana sejak tahun lalu dengan dukungan salah satu penyedia jasa Internet, Reliance Communication.

Microsoft Research Center di India, sejak dua tahun terakhir justru mengembangkan aplikasi agar satu komputer dapat diakses lebih dari satu orang. Selain akan menekan biaya, penggunaan berkelompok akan memacu kolaborasi. Salah satunya aplikasi MightyMice yang memungkinkan 30 mouse dapat dipakai bersama di satu komputer yang telah diinstal platform Multipoint.(sumber : PCWORLD)

Continue Reading!

Saturday, August 23, 2008

Blog Resting for 1 day ^^

Hi Hi...

I'm going to use English in this posting..

Well, ok, let's get started, I'm going to Parapat (Danau Toba/Toba Lake) for 1 day, I knew it yesterday T_T

Sooooooo, I'm happy and yet sad, happy that I can visit Parapat AGAIN since the last time I went there, about 1 year maybe? :D
OKOK , don't worry, I'm going to post my experience there ;)
I'm sad, 'coz I can't update my blog, I don't have enough time to look for the information, sooo, just make it....

Hereby, I officially announce that Digikid is resting for 1 day full :D

See you in Parapat!!~


Continue Reading!

Pemberian Obat Langsung dari Dokter = Melanggar Kode ETIK!!!!!





Semarang (ANTARA News) - Praktik dokter yang sekaligus langsung memberikan obat kepada pasien (self dispensing) merupakan pelanggaran kode etik profesi kedokteran, menyalahi disiplin, dan bila ada yang melaporkan dapat dikenai tuduhan melanggar tata cara pengadaan obat, kata seorang praktisi hukum kedokteran.



“Self dispensing hanya dibenarkan jika tidak ada sarana, seperti apotek, di
sekitar tempat praktik, setidaknya jarak praktik dokter dengan apotek minimal 10 kilometer,” ujar staf pengajar Forensik dan Hukum Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dr. Gatot Suharto, S.H., Dipl. For.Med., di Semarang, Senin.

Secara khusus, menurut dia, Kode Etik Kedokteran diatur dalam UU Praktik
Kedokteran Nomor 29 Tahun 2004, dan secara umum diatur dalam UU Kesehatan Nomor 23 Tahun 1992.

“Pemberian terapi obat langsung dari dokter kepada pasien diperbolehkan, jika menghadapi situasi darurat dan hanya untuk dosis awal,” ujarnya.

Menurut dia, seorang dokter dapat dilaporkan oleh penyalur obat, karena
menyalahi tata cara disiplin obat di Indonesia, mengingat yang diberi izin
menyalurkan obat yang diresepkan adalah apotek.

“Ini merupakan pelanggaran etika dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah sering memberikan peringatan, tapi terkadang praktik self dispensing memang tidak mudah dibuktikan,” katanya menambahkan. (*)

Continue Reading!

Friday, August 22, 2008

Kerja dengan Santai, No Depression!!

Anda merasa sengsara di tempat kerja? Anda merasa berat setiap kali memulai pekan aktivitas rutin Anda pada Hari Senin. Anda merasa tak (lagi) tertantang dan tak nyaman. Atau, inilah yang Anda hadapi: bos yang galak. Apakah sejumlah rekan kerja Anda menyebalkan? Anda merasa apapun yang Anda lakukan dianggap tak pernah cukup. Jika Anda terus bertahan dalam situasi-situasi seperti itu, bisa dipastikan lama-lama Anda akan membenci pekerjaan Anda. Dan, membenci pekerjaan adalah sumber dari kesengsaraan dalam hidup.



Mengapa itu bisa terjadi? Kenali sebab-sebabnya agar Anda bisa menghindari dan mengakhiri kesengsaraan Anda.

1. Terlibat dalam obrolan atau pergaulan dengan orang-orang yang selalu menemukan kesalahan dengan perusahaan, manajemen, customer dan rekan sekerja. Jika Anda berkubang dalam kesengsaraan, terus-menerus mendengarkan cerita-cerita tentang ketidakbahagiaan dan orang-orang yang mengalami kesulitan jelas tidak akan membantu Anda keluar dari kubangan itu. Ketidakbahagiaan itu menular. Menjauhlah untuk menghindari virus tersebut.

2. Berada dalam lingkungan pekerjaan yang tidak menantang, tidak menggairahkan dan tidak-berpenghargaan. Hari demi hari, tahun ke tahun, Anda tambeng dengan pekerjaan yang sebenarnya tidak memenuhi harapan Anda. Datanglah ke konsultan karir yang ada di kampus atau lembaga konsultan. Carilah peluang kerja lain; temukan jalan untuk memberdayakan keahlian Anda secara berbeda. Ambillah tes dan konsultasi untuk mengidentifikasi pekerjaan apa yang lebih bisa menggairahkan Anda.

3. Kegagalan dalam mengambil tanggung jawab untuk mengembangkan diri Anda sendiri. Anda tidak bisa menunggu selamanya pada bos yang tidak komunikatif dalam memberi feedback berkaitan dengan peningkatan dan perkembangan (personal dan profesional) Anda. Faktanya, pada sejumlah organisasi, Anda bisa menunggu beberapa tahun untuk penghargaan atau feedback atas kinerja Anda. Mengapa menunggu orang lain? Mengapa tidak mengambil tanggung jawab demi (perkembangan) diri Anda sendiri? Tak seorang pun pernah peduli pada peningkatan dan perkembangan Anda kecuali diri Anda sendiri.

4. Bertahan bekerja di bawah bos yang buruk. Bos yang buruk, baik dia tipe orang yang tak bertanggung jawab atau pun “sekedar” orang yang berkelakuan tak menyenangkan, jarang bisa berubah tanpa adanya kejadian yang luar biasa. Hal (yang luar biasa) itu bisa saja terjadi, tapi sampai kapan Anda akan menunggu sambil terus-menerus mengeluh tentang betapa sengasaranya Anda di tempat kerja?

5. Bekerja pada perusahaan yang praktik-praktik bisnisnya tidak Anda sukai. Bekerja untuk perusahaan yang menipu konsumen? Memberi janji-janji palsu pada karyawan? Tinggalkan secepat Anda bisa.

6. Bekerja pada perusahaan yang terus-menerus merugi. Perusahaan yang baik mungkin saja sesekali mengalami kesulitan –ini masih bisa membuat Anda bertahan. Tapi, perusahaan yang secara operasional selalu mendekati kebangkrutan jelas menciutkan optimisme dan antusiasme Anda.

7. Bertahan dalam pekerjaan yang membuat Anda merasa jalan di tempat. Ada beberapa alasan mengapa Anda merasa tak beranjak. Perusahaan tempat Anda bekerja kecil dan tidak berkembang. Anda tak pernah mendapat promosi karena di situ memang minim pendidikan, pengalaman dan kesempatan-kesempatan untuk berkembang. Anda sudah bicara pada bos namun masalah tak bisa diatasi. Jika Anda cukup ambisius dan ingin berkembang, inilah saatnya untuk melangkah ke luar.

8. Anda berusaha menyumbangkan ide-ide untuk meningkatkan kualitas (lingkungan) kerja, tapi tak pernah diwujudkan. Bertahan dalam lingkungan kerja yang gagal merespon saran-saran dari karyawan tentunya membuat Anda juga mempertanyakan nilai saran Anda sendiri. Ini merupakan racun yang menggerogoti kepercayaan diri Anda. Carilah lingkungan kerja yang lebih suportif.

9. Gaji kecil. Untuk urusan yang satu ini, hanya Anda yang mengerti “hitung-hitungannya”. Tanya pada diri Anda sendiri, seberapa layak Anda dibayar? Kalau Anda merasa gaji Anda terlalu kecil untuk kerja yang telah Anda lakukan, Anda punya pilihan.

Continue Reading!

Tips Membeli Laptop~



Memiliki notebook atau laptop bukanlah sesuatu yang sulit saat ini, mengingat harga notebook itu sendiri semakin hari semakin terjangkau (murah).

Tetapi yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah notebook yang murah berarti kurang bermanfaat atau sebaliknya, notebook mahal mempunyai maafat yang jauh lebih baik?

Kedua pertanyaan diatas adalah tidak benar menurut kami karena semuanya kembali kepada kebutuhan si pemakai. Jadi notebook seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Bagi kami sendiri, sebelum anda membeli notebook sebaiknya ada beberapa hal dasar yang harus anda jawab:

Untuk apa anda membeli notebook?

1.Sebagai pengganti PC/ komputer desktop

Jika ini yang menjadi alasan utama maka carilah notebook dengan ukuran layar minimal 15 inch sehingga anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Tetapi di satu sisi, bila anda juga sering membawanya ke luar (bisnis atau lainnya) maka berat notebook ukuran 15 inch atau lebih akan sedikit mengganggu perjalanan (karena beratnya rata-rata diatas 3kg - 6 kg.

2.Untuk menemani anda yang sering melakukan perjalanan bisnis

Sebaiknya anda memilih notebook dengan ukuran 12 inch atau kurang karena biasanya notebook ini (disebut juga dengan sub-notebook) mempunyai berat yang lebih ringan yaitu antara 1 - 3 kg. Tetapi satu hal yang perlu dipertimbangkan, bila notebook ini juga digunakan sebagai media presentasi ke klien maka sebaiknya anda menghindari membeli notebook ukuran kurang dari 12 inch karena tentu tidak nyaman untuk presentasi ke pelanggan.

Pada intinya ukuran notebook dibagi menjadi beberapa yaitu Mainstream (14" - 15,4"), Thin and Light (10" - 14") dan Desktop Replacement (17" - 21").

Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah ukuran keyboard di notebook, semakin kecil ukuran suatu notebook berarti semakin kecil ukuran keyboard tersebut dan ini biasanya akan membuat kita kurang nyaman.

Setelah anda bisa menjawab pertanyaan diatas maka masih banyak hal lainnya yang perlu dipertimbangkan.

1.Jenis prosesor

Spesifikasi prosesor sangat banyak dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan atau aplikasi yang ada, misal bila anda hanya menggunakan notebook untuk sekedar cek email, browsing atau melakukan pekerjaan rutin di Word atau Excel maka prosesor standar sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan (misal Pentium 4 saja sudah lebih dari cukup)

Bila anda menggunakan komputer untuk disain, edit video sampai bermain game, sangat dianjurkan untuk memilih prosesor yang mempunyai kinerja yang cukup baik (misal Core 2 Duo T7250 atau lebih)

Bila anda kurang paham masalah ini, jangan diabaikan dan cari tahu sedetil mungkin prosesor yang anda butuhkan. Karena bila salah pilih, otomatis ini akan menghambat kinerja atau produktifitas. Dan sebaliknya bila anda membeli dengan spesifikasi yang berlebihan, sama saja dengan pemborosan.


2.Jenis layar (screen)

Walaupun anda sudah menentukan ukuran layar tetapi saat ini anda juga dihadapkan pilihan mengenai tipe layar yaitu standar atau Wide. Kami menyarankan bila harga tidak terlalu jauh berbeda maka format Wide sebaiknya anda pilih karena lebih nyaman dan enak dilihat. :-)

Resolusi layar, kami menyarankan untuk memilih resolusi layar minimal 1024 x 768 karena format ini semakin umum digunakan, terutama untuk layout di website.

Glossy VS Matte mungkin akan membingunkan anda dimana tipe Glossy adalah tipe layar yang terlihat lebih "kinclong" atau bersinar. Tetapi tipe Glossy juga banyak dihindari orang terutama pada saat membaca tulisan yang terkadang kurang nyaman. Kebanyakan pengguna lebih memilih tipe Matte bila lebih sering berurusan dengan teks atau tulisan.


3.Memori

Semakin besar memori (RAM) maka semakin cepat kinerja notebook. Untuk pemakaian standar, memori dengan kapasitas 1GB sudah cukup tetapi bila memungkinkan pilihlah yang berkapasitas 2GB untuk idealnya.

Untuk disain grafis, game dan edit video, kami menyarankan lebih dari 2GB adalah yang ideal

4.Hardisk


Bila kebanyakan file di dalam notebook adalah file dokumen, hardisk dengan kapasitas 80GB sudah lebih dari cukup tetapi bila anda banyak menyimpan file lagu, video dan gambar dengan resolusi tinggi sebaiknya pilih hardisk dengan kapasitas 160GB atau lebih.

5.Media penyimpanan/ baca


Walaupun mungkin tidak dibutuhkan bila memungkinkan pilihlah notebook yang sudah dilengkapi dengan CD/ DVD writer karena mungkin suatu saat kita butuh untuk memindahkan file di dalam notebook ke CD/ DVD atau sebaliknya menyimpan file dari CD/ DVD ke notebook.

Tetapi tidak perlu kuatir, bila notebook anda memang tidak mempunyai media seperti diatas, anda bisa membeli CD/ DVD writers eksternal yang menggunakan koneksi USB. Kembali lagi perlu atau tidaknya, tergantung kebutuhan.

Yang mungkin juga perlu adalah media baca untuk kartu memori (card reader) yang sudah terintegrasi di dalam notebook karena bila anda sering melakukan transfer file foto ke notebook maka dengan adanya card reader ini anda tidak perlu repot lagi untuk membelinya secara terpisah.


6.Koneksitas

-USB

koneksi ini sangat wajib atau harus ada dan ketersediaan koneksi USB lebih dari satu tentu akan lebih baik mengingat saat ini hampir semua perlengkapan komputer menggunakan koneksi ini, mulai dari printer, mouse dan lainnya

-Bluetooth

Semakin banyaknya ponsel dengan fungsi kamera dan koneksi Bluetooth di dalam ponsel maka tentu bila di notebook anda mempunyai koneksi Bluetooth akan lebih memudahkan anda untuk mentransfer hasil foto atau file dari ponsel ke notebook atau sebaliknya.

- WiFi

Semakin banyaknya area hotspot di tempat-tempat umum maka koneksi WiFi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan dan kami menyarankan untuk membeli notebook yang sudah mempunyai koneksi WiFi ini.

-Port Ethernet (Local Area Network/ LAN)

Koneksi ini akan berguna bila anda sering bekerja di area kantor yang mempunyai jaringan kabel LAN.


Tentu saja masih banyak lagi pertimbangan untuk memilih noebook yang sesuai tetapi kami yakin bila anda membaca artikel ini dengan baik maka setidaknya kesalahan anda dalam membeli notebook dapat diminimalisir. :)


Continue Reading!

Thursday, August 21, 2008

Today is... Tiring.. (durian gratis!! XD)

Ni haoo ^^

Karena lagi bosen-bosennya, ya udah nulis blogs aja :)
Seharian ini nemenin si asali ke socrates makan, trus ke sun plaza, jalan-jalan, trus bli bolu meranti, nah trus antarin die ke airport..

Capek juga yah seharian keluar..

Sekarang udah ngantuk..
Pengen banget bobo....

Oh iya, ceritain sedikit soal tadi deh.
Nah tadi dijemput sama asali sekitar jam 12.30an lah, mungkin lebih, gak liat jam juga, setelah naik ke mobil (dia ama pacarnya duduk depan), langsung kitanya balap ke Socrates. Nothing's much to tell about makan, ya, pesen sayur trus makan aja ^^

Habis itu... Kitanya ke... Bolu Meranti dulu yah? Gila tuh anak, temennya pada nitip bolu meranti sampe (diitung-itung ada) 30 kotaknya.. Gak mikir kali tuh anak, lol.
Banyak banget, tetapi setelah ngitung ulang (dan ngitung budget) , cuma beli 14 kotak atau 15 kotak **gak tau juga, gak itungin si XD**

Setelah itu kita balap ke sun plaza, ngeeeng, dsini ngapain aja ya?
Main Timezone seharga 30.000...

Yang pasti itu nipu banget, dikasih waktu 13 detikan gitu, 3 detik terakhir jalannya cepet banget.. Suwer, buset :D

Nah, trus kita ada bli fountain lagi, trus jalan-jalan gak jelas lagi kemana :D

Abis itu jemput cc nya pacar si asali....

Nah, kenalan deh (mayan dapat kenalan cewe baru ^^), nah trus cicinya nyetir, saya sama asali main igo di belakang (dan XD gw menang lagi!!!)

Abis itu, tiba di airport, nah disini nih cerita serunya, airport dah sampe, trus barang bawaannya dibawa turun (buset bolu merantinya 11 kg berat amit). Setelah check in, agak lama juga, sekitar 15 menitan kali, dianya keluar untuk bawa tas tentengan (setelah dia bawa 3 jenis barang masuk, bawa keluar lagi 1 koper, 2 barangnya itu, bolu ama empingnya aja udah 18kg, lebih 3kg, bayar 60.000)...

Buset banget tuh, berarti dia bawa:
ransel
bolu meranti kotak kecil
koper
ama plastik warna merah 1 lagi

Parahhh, lu sih sal, minta titipan banyak banget :D

Nahh, setelah itu, dia pun 'acara perpisahan' ama pacarnya (gak diliatin), trus dia masuk ke dalam deh~~~

Nah kita pun pulang (saya, pacarnya, ama cc pacarnya)...
Setelah 30 detik beranjak dari tempat parkir (ccn pacarnya nyetir)... ada telpon dari si asali....
"Woi, durian gw ditahan nih, lu orang udah sampe mana? Cepet balik lagi!!"

Kira-kira yang saya tebak begitulah bunyi telponnya XDDDDD

Kasian banget si asali, durian yang di kopernya ketahuan, mungkin dari baunya atau apa, saya blom tau, yang pasti ngakak abis tuh, kasian banget XDDD

Tapi yang aneh, waktu pertama kali dia mau masukin ke bagasi, kok gak ketahuan ya (koper yang dia bawa masuk trus bawa keluar lagi yg ada duriannya, trus kopernya dijadiin tentengan untuk dibawa pake tangan)?
Aneh banget...

Setelah itu, duriannya diserahin ke pacarnya (cik nya nunggu di mobil, yg ngambil duriannya saya ama cewenya).. :D

Setelah sampai di mobil, acara serah terima durian pun terjadi, soalnya rumah cewenya itu cuma ada 4 orang ^^
Nah, jadinya, gaka da yang makan tuh durian (banyak banget emang), yaudah, cewenya suruh saya bawa pulang aja...

Dapat durian gratis ^^

:D

Yaudah...

Dah ngantuk...

ZZz......
Wan an everybody :D

Credit :
~Steven Asali
~Sri
~Dewi

Continue Reading!

The Power of "Si Timun"





Mengobati Sariawan, Darah Tinggi, dan Kulit Keriput

Dalam sebuah dongeng, timun dikisahkan membuahkan harapan bagi pasangan petani untuk memiliki
anak. Nyatanya, timun yang sering kita jumpai dalam menu makan sehari-hari itu memang benar-benar
bermanfaat bagi kesehatan.

Pernah mendengar dongeng Timun Emas? Seorang anak perempuan ayu, anak angkat dari pasangan petani
timun? Konon putri ayu itu terlahir dari sebuah timun yang memancarkan cahaya keemasan. Maka
diberilah putri ayu itu nama: Timun Emas, yang berparas cantik dan berhati emas. Dan ketika anak
kesayangan tersebut hendak dimakan oleh Buto Ijo, yang sudah lama mengincarnya, justru perawan ayu itu
yang berhasil membinasakan raksasa jahat itu.

Begitulah dongeng masa kecil yang sering diceritakan oleh orangtua kita. Buah yang mudah didapat
dan murah ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sariawan (seriawan), memperlancar air
seni, dan menghilangkan keriput di kulit. Sayangnya, selain diketahui mengandung vitamin A, B, C,
E, serta beberapa zat lain, buah ini kurang banyak mendapat perhatian sebagai bahan penelitian.

Vitamin E
Timun atau mentimun adalah tanaman merambat yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral. Biasanya
ditanam di sawah dan di ladang-ladang sebagai tanaman untuk sayur ataupun rujak.

Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujung
runcing, tepi bergerigi. Batangnya berbulu halus-halus. Bunganya berwarna kuning. Buahnya berbentuk
bulat panjang, tumbuh bergantung, berwarna hijau keputihan sepanjang 10-20 cm, berbiji banyak dan
mengandung air. Timun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai. Buah dari
tumbuhan yang bernama latin Cucumis sativus ini dipercaya mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan
lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Biji buah mentimun
mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput.

Timun mentah bersifat menurunkan panas dalam, meningkatkan stamina, dan lain-lain. Selain itu,
timun juga mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang serta mengandung asam malonat yang
berfungsi menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak, yang baik untuk mengurangi berat badan.
Kandungan seratnya yang tinggi berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan
menetralkan racun. Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan
kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

Continue Reading!

Test Ke-depresi-an ^^



Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jujur untuk mengetahui, apakah anda saat ini sedang depresi atau tidak.

I. Apakah saat ini anda merasa sedih?
0. Saya tidak merasa sedih.
1. Saya merasa sedih.
2. Saya sedih sepanjang waktu dan tidak dapat mengubahnya.
3. Saya begitu sedih atau tidak gembira sehingga saya sama sekali tidak suka.

II. Apakah harapan anda untuk masa depan?
0. Saya tidak berkecil hati tentang masa depan.
1. Saya merasa berkecil hati tentang masa depan.
2. Saya merasa tidak memiliki apa-apa yang diharapkan.
3. Saya merasa bahwa masa depan tidak ada harapan dan bahwa segalanya tidak dapat membaik.

III. Apakah anda merasa gagal?
0. Saya tidak merasa gagal.
1. Saya merasa telah gagal lebih dari rata-rata orang.
2. Saat saya melihat masa lalu, semua yang dapat saya lihat adalah banyak kegagalan.
3. Saya merasa saya adalah orang yang gagal total.

IV. Apakah anda merasakan kepuasan dalam hidup ini?
0. Saya mendapatkan banyak kepuasan dari banyak hal, seperti biasanya.
1. Saya tidak menikmati hal-hal seperti biasanya.
2. Saya tidak lagi mendapat kepuasan sesungguhnya dari setiap hal.
3. Saya tidak puas dan bosan dengan segala sesuatu.

V. Apakah anda merasa bersalah terhadap sesuatu?
0. Saya tidak merasa bersalah.
1. Saya merasa bersalah dalam sebagian kecil waktu.
2. Saya merasa agak bersalah dalam sebagian besar waktu.
3. Saya merasa bersalah sepanjang waktu.

VI. Apakah kegagalan yang pernah anda alami sebagai hukuman?
0. Saya tidak merasa sedang dihukum.
1. Saya merasa mungkin dihukum.
2. Saya perkirakan saya dihukum.
3. Saya merasa saya sedang dihukum.

VII. Aapakah anda merasa kecewa dengan diri anda?
0. Saya tidak merasa kecewa pada diri saya.
1. Saya kecewa pada diri saya.
2. Saya jijik dengan diri saya.
3. Saya membenci diri saya.

VIII. Apakah anda masih mempunyai minat terhadap orang lain?
0. Saya tidak kehilangan minat pada orang lain.
1. Saya kurang berminat pada orang lain dibanding biasanya.
2. Saya kehilangan sebagian besar minat saya pada orang lain.
3. Saya kehilangan semua minat saya pada orang lain.

IX. Apakah anda dapat membuat suatu keputusan?
0. Saya membuat keputusan sebaik yang saya dapat.
1. Saya menunda membuat keputusan lebih dari biasanya.
2. Saya sangat sulit membuat keputusan dibanding biasanya.
3. Saya tidak dapat membuat keputusan sama sekali.

X. Apakah anda merasa diri anda lebih buruk dari biasanya?
0. Saya tidak merasa tampak lebih buruk dari biasanya/
1. Saya khawatir bahwa saya tampak tua atau tidak menarik.
2. Saya merasa terdapat perubahan menetap pada penampilan saya yang membuat saya terlihat tidak menarik.
3. Saya yakin bahwa saya tampak buruk.

XI. Apakah anda bisa bekerja seperti biasanya?
0. Saya dapat bekerja sebaik biasanya.
1. Saya memerlukan usaha extra untuk memulai mengerjakan sesuatu.
2. Saya harus sangat memaksa diri untuk melakukan sesuatu.
3. Saya tidak dapat bekerja sama sekali.

XII. Apakah anda bisa tidur dengan nyenyak?
0. Saya dapat tidur sebaik biasanya.
1. Saya lebih mudah lelap dibanding biasanya.
2. Saya lelah setelah melakukan sebagian besar pekerjaan.
3. Saya terlalu lelah untuk melakukan sesuatu.

XIII. Apakah anda mudah merasa lelah?
0. Saya tidak merasa lelah lebih dari biasanya.
1. Saya lebih mudah lelah dibanding biasanya.
2. Saya lelah setelah melakukan sebagian besar pekerjaan.
3. Saya terlalu lelah untuk melakukan apapun.

XIV. Apakah nafsu makan anda berkurang?
0. Nafsu makan saya tidak lebih buruk dari biasanya.
1. Nafsu makan saya tidak sebaik biasanya.
2. Nafsu makan saya jauh lebih buruk sekarang.
3. Saya tidak mempunyai nafsu makan sama sekali.

XV. Apakah anda selalu merasa bersalah?
0. Saya tidak merasa lebih buruk dibanding dengan orang lain.
1. Saya kritis terhadap diri saya untuk kelemahan atau kesalahan saya.
2. Saya menyalahkan diri saya untuk kesalahan saya sepanjang waktu.
3. Saya menyalahkan diri saya untuk setiap hal buruk yang terjadi.

XVI. Apakah anda ingin bunuh diri?
0. Saya tidak terfikir untuk bunuh diri.
1. Saya berfikir untuk bunuh diri tetapi tidak akan melakukannya.
2. Saya ingin bunuh diri.
3. Saya akan bunuh diri jika ada kesempatan.

XVII. Apakah saat ini merasakan gangguan pada kesehatan?
0. Saya tidak lebih khawatir tentang kesehatan dibanding biasanya.
1. Saya khawatir tentang masalah fisik seperti sakit dan nyeri atau gangguan lambung atau kontipasi.
2. Saya sangat khawatir tentang masalah fisik, dan sulit untuk memikirkan banyak hal lain.
3. Saya begitu khawatir tentang masalah fisik saya sehingga saya tidak dapay melakukan hal-hal lain.

XVIII. Apakah anda selalu menangis?
0. Saya tidak menangis lagi dibanding biasanya.
1. Saya lebih banyak menangis sekarang dibandingkan biasanya.
2. Saya menangis sepanjang waktu sekarang.
3. Saya biasanya bisa menangis, tetapi sekarang saya tidak dapat menangis meskipun saya ingin.

XIX. Apakah anda masih mempunyai minat terhadap seks?
0. Saya tidak memperhatikan adanya perubahan minat terhadap seks belakangan ini.
1. Saya kurang tertarik terhadap seks dibanding biasanya.
2. Saya sangat kurang tertarik terhadap seks sekarang.
3. Saya benar-benar hilang minat terhadap seks.

XX. Apakah saat ini anda merasa kesal?
0. Sekarang saya tidak lebih kesal dibanding biasanya.
1. Saya lebih mudah terganggu atau kesal dibanding biasanya.
2. Sekarang saya merasa kesal sepanjang waktu.
3. Saya tidak dibuat kesal sama sekali oleh hal-hal yang biasanya membuat saya kesal.

XXI. Apakah anda merasa berat badan anda menurun?
0. Jika ada penurunan berat badan, saya tidak banyak mengalaminya belakangan ini.
1. Berat badan saya berkurang lebih dari 2,5 Kg.
2. Berat badan saya berkurang lebih dari 5 Kg.
3. Berat badan saya berkurang lebih dari 7,5 Kg.

Skor :
0 - 9 : Normal.
10 - 15 : Gejala Depresi Ringan.
16 - 19 : Gejala Depresi Ringan Sedang.
20 - 29 : Gejala Depresi Sedang Berat.
30 : Gejala Depresi Berat.

Disarikan dari Pemeriksaan Beck Untuk Skrining Depresi.

Continue Reading!

Wednesday, August 20, 2008

(MUST READ MUST READ!!!!) Renungan

Untuk semua reader yang senang dengan kata-kata perenungan,  kamu harus membaca postingan ini!!!

Sekali lagi!!! Untuk semua reader yang ingin MERENUNGI arti dari HIDUPNYA!!!

Kamu diWAJIBkan untuk membaca POSTINGAN ini

Terima kasih ^^





TERBUNUHNYA SANG LAPAR


Surya baru saja tenggelam. Sinarnya lenyap bersama manusia-manusia kotor yang menyudahi harinya. Dan jalan-jalan besar yang melapisi alam mulai ramai kembali, tertutup oleh mereka yang pulang.

Lelaki tua itu termenung. Menatap gelap gelas plastik kosong di depan tubuhnya. Sudah beberapa hari ini dia tidak beranjak dari tempatnya terkulai lemas. Bosan menunggu orang yang sudi mengulurkan tangannya hingga ia mengeluh kepada Tuhan.

“Kenapa Kau letakkan hidupku di belahan bumi nista ini Ya Tuhan?”

Tak ada kata yang keluar, hanya desahan di dalam hatinya karena sudah tak ada lagi energi untuk menggerakkan lidahnya. Saat itu entah dari mana asalnya tiba-tiba muncul seorang anak yang terlihat aneh. Rambutnya pendek tertata rapih, wajahnya tertutup bayangan rambut itu, seperti siluet dan tak sehelai benangpun yang menutupi tubuhnya duduk bungkuk memeluk kakinya. Kulitnya tak berwarna, transparan sehingga ia bisa melihat trotoar yang diduduki anak itu.” Imaginasi”, pikir lelaki tua itu.

“Bukan,” kata anak kecil itu, terdiam tak bergerak seolah dapat membaca pikirannya. Tercengang tanpa ekspresi lelaki tua itu lalu bertanya-tanya dalam hati.

“Siapa dia?” Dan semakin heranlah dia ketika anak itu menjawab lagi.

“Aku lapar,” jawab si anak masih tak bergerak. Setelah itu terjadilah dialog antara hati si lelaki tua dan anak kecil asing itu.

“Siapa kau? Apa maksudmu kau lapar?” Tanya lelaki tua.

“Aku lapar Tuan. Lapar yang berada dalam pikiran Tuan.” Jawab si anak.

“Aku tidak mengerti?” Si tua itu semakin bingung.

“Aku adalah lapar Tuan. Aku jarang membentuk dirikku sehingga Tuan tak pernah menyadari kehadiranku.” Tuturnya datar lalu ia melanjutkan. “Setiap manusia memiliki lapar Tuan. Tetapi jarang yang pernah melihat perwujudannya. Hanya orang yang terlalu lapar yang mewujudkan lapar dalam dirinya masing-masing. Aku adalah lapar dalam diri Tuan, dalam pikiran Tuan, dan aku terwujud atas perintah hati Tuan yang terlalu lapar dan kesepian. Maka hanya lapar yang bisa menemani Tuan. Bentukku hanyalah kekosongan yang tak pernah Tuan bayangkan.”

Terlalu lapar? Lelaki tua itu baru menyadari laparnya hilang sejak anak itu datang. Dia masih tidak mengerti. Apakah laparnya sudah keluar dari tubuhnya? Anak itukah?

“Terpujilah Tuhan. Ia masih menyisakan ruang yang menemani hampanya dunia. Aku tak mampu berpikir jernih.” Ia masih berkata dalam hati.

“Tuan adalah bagian hidup dunia. Yang terlukis dalam bentuk kemiskinan. Sesungguhnya manusia itu sama Tuan. Diciptakan untuk saling peduli. Dan Tuan adalah sebuah sosok jalan takdir Tuhan dimana Tuan adalah media kepedulian. Hidup orang-orang yang berkecukupan lebih memuakkan daripada ludah mereka yang jatuh didepan orang-orang seperti Tuan. Mereka memilih kesombongan yang menemani laparnya sehingga mereka makan bermegah-mewah. Mereka tak pernah mensyukuri nikmat Tuhan bahkan mengingatnyapun enggan.” Lapar itu berbicara lagi dan masih duduk tak bergerak.

Ubun-ubun lelaki tua itu terasa sejuk. Seolah angin masuk dan menyegarkan pikirannya. Ia sudah ikhlas. Entah ikhlas kenapa, dia merasa surga menunggunya. Meski sepanjang hidupnya berkemiskinan ia masih sempat mengingat Tuhan. “Tahukah Tuan kenapa aku tak pernah memandang Tuan?” Tanya sang lapar.

“Aku tak pernah tahu tentangmu, wahai laparku.” Jawab si tua.

“Mati Tuan, itulah sebabnya.”

“Apa maksudmu?” Bertanya lagi lelaki tua itu.

“Kematian pasti datang Tuan. Dengan berbagai cara yang telah ditentukan Tuhan. Dan kelaparan adalah salah satu cara mati yang sangat menyakitkan. Perlahan-lahan jiwa tercabik sampai tertinggal jasad dan pikiran hampa.” Jelas anak kecil itu.

“Lalu apa hubungannya denganmu? Dengan diriku?”

“Aku adalah lapar Tuan. Aku adalah kelaparan Tuan. Aku menunggu keikhlasan Tuan untuk meninggalkan dunia ini. Dan Tuan baru saja menyebutkan ikhlas. Angin, angin yang tuan rasakan di kepala Tuan adalah tanda bahwa ruh Tuan segera lepas.”

Perasaan apa ini? Lelaki tua itu seperti melayang di udara. Kematian, seumur hidupnya ia tak pernah takut kepada kematian. Dia sudah siap dari awal dia terlahir. Karena hidupnya penuh kesulitan dia tak pernah ingin hidup lama.

“Tataplah mataku.” Lelaki tua itu berkata sejuk penuh keikhlasan. “Aku selalu siap mati.” Lanjutnya. Dan kesenangan yang terlukis diwajah si anak dirasakan juga olehnya. Karena mereka sebenarnya satu.

“Kesiapan diri Tuan adalah kesiapan diriku juga. Karena aku ada dalam diri Tuan. Lapar senang Tuannya orang baik. Meski dari luar terlihat kumal dengan pakaian compang-camping.” Nada bicaranya penuh semangat dan tubuhnya bergerak-gerak indah.
“Tuan akan membunuhku. Tuan akan membunuh lapar Tuan dengan ikhlas. Hal paling berani Tuan. Ikhlas.” Lanjutnya.

Anak kecil itu berdiri. Ia lalu membungkuk kepada lelaki tua itu. matanya masih terpejam. Dan ketika Syahadat akhir hidupnya sudah terucap dari Tuannya, dari bibir dan hatinya, ia membuka matanya.

Lelaki tua itu tak sempat melihat jelas mata sang lapar karena begitu memandangnya dia merasa sakit sekali. Meski Rasulnya telah menelan setengah kesakitan mati umatnya, sakit itu masih perih. Ruhnya telah lepas dari jasadnya. Dan sedetik sebelum berpindah alam dia melihat bentuk-bentuk lapar lain di seluruh alam. Dari langit luas dia memandang lapar diseluruh dunia. Anak kecil yang berbicara kepada domba, wanita kurus yang menatap batu, nenek yang berdialog dengan awan, dan berbagai macam lainnya.

Apakah mereka akan mati kelaparan juga? Apakah mereka akan membunuh lapar seperti dirinya? Hanya kepedulian yang dapat menolong mereka.

Continue Reading!

DIA Selalu ADA.....

Ada sebuah suku pada bangsa Indian yang memiliki cara yang unik untuk mendewasakan anak laki-laki dari suku mereka.

Jika seorang anak laki-laki tersebut dianggap sudah cukup umur untuk di dewasakan, maka anak laki-laki tersebut akan di bawa pergi oleh seorang pria dewasa yang bukan sanak saudaranya, dengan mata tertutup.

Anak laki-laki tersebut di bawa jauh menuju hutan yang paling dalam. Ketika hari sudah menjadi sangat gelap, tutup mata anak tersebut akan dibuka, dan orang yang menghantarnya akan meninggalkannya sendirian. Ia akan dinyatakan lulus dan diterima sebagai pria dewasa dalam suku tersebut jika ia tidak berteriak atau menangis hingga malam berlalu.

Malam begitu pekat, bahkan sang anak itu tidak dapat melihat telapak tangannya sendiri, begitu gelap dan ia begitu ketakutan. Hutan tersebut mengeluarkan suara-suara yang begitu menyeramkan, auman serigala, bunyi dahan bergemerisik, dan ia semakin ketakutan, tetapi ia harus diam, ia tidak boleh berteriak atau menangis, ia harus berusaha agar ia lulus dalam ujian tersebut.

Satu detik bagaikan berjam-jam, satu jam bagaikan bertahun-tahun, ia tidak dapat melelapkan matanya sedetikpun, keringat ketakutan mengucur deras dari tubuhnya.

Cahaya pagi mulai tampak sedikit, ia begitu gembira, ia melihat sekelilingnya, dan kemudian ia menjadi begitu kaget, ketika ia mengetahui bahwa ayahnya berdiri tidak jauh dibelakang dirinya, dengan posisi siap menembakan anak panah, dengan golok terselip dipinggang, menjagai anaknya sepanjang malam, jikalau ada ular atau binatang buas lainnya, maka ia dengan segera akan melepaskan anak panahnya, sebelum binatang buas itu mendekati anaknya. Sambil berdoa agar anaknya tidak berteriak atau menangis.

Dalam mengarungi kehidupan ini, sepertinya Tuhan "begitu kejam" melepaskan anak-anakNya kedalam dunia yang jahat ini.
Terkadang kita tidak dapat melihat penyertaanNya, namun satu hal yang pasti.. !
DIA setia,
DIA mengasihi kita.

^^

Continue Reading!

Tuesday, August 19, 2008

Macam-macim Manfaat Jeruk


Jeruk, buah yang sangat populer, mudah diperoleh, dan relatif murah itu, ternyata mengandung banyak zat gizi yang baik bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi baik. Selain sangat kaya vitamin dan mineral, ia juga mengandung serat makanan yang esensial (sangat diperlukan tetapi tidak dapat diproduksi dalam tubuh) bagi pertumbuhan dan berkembangan tubuh normal. Senyawa non-gizi yang dikandungnya ternyata juga membantu menurunkan risiko terkena beberapa jenis penyakit kronis, seperti kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

Sayangnya, selama ini jeruk telanjur terkenal hanya sebagai sumber vitamin C. Padahal, buah bulat ini juga mengandung sederetan zat gizi esensial lainnya, yang meliputi karbohidrat (zat gula dan serat makanan), potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung sodium, lemak, dan kolesterol. Kandungan kalorinya pun rendah, sehingga tidak akan membangkitkan kekhawatiran bagi mereka yang berupaya menurunkan bobot badan. Sebuah jeruk segar berukuran sedang cuma mengandung 60 – 80 Kkal.

Karbohidrat dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Karbohidrat kompleksnya berupa polisakarida non-pati (secara umum dikenal sebagai serat makanan) yang baik untuk kesehatan. Serat makanan ini di dalam tubuh akan mengikat zat gizi larut dalam air pada suatu gel-matriks, sehingga dapat memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan.

Keadaan itu akan memperpanjang rasa kenyang, dan menurunkan laju penyerapan glukosa sehingga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Serat makanan juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam plasma dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu. Dengan mengkonsumsi sebuah jeruk ukuran sedang dalam satu hari, serat makanannya kira-kira 3,0 g, dapat memberikan kontribusi cukup berarti bagi pemenuhan kebutuhan zat itu bagi tubuh yang disarankan sekitar 25 g per hari.

Sebagai antioksidan

Vitamin paling dikenal yang terkandung dalam jeruk adalah vitamin C. Vitamin esensial larut air ini memainkan peranan kunci dalam proses pembentukan kolagen yang merupakan komponen dasar pembentukan jaringan penghubung dalam tubuh. Pembentukan kolagen optimal sangat diperlukan untuk pembentukan ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah, dan tulang. Juga membantu proses penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Vitamin C juga berperan dalam proses penyerapan zat besi non-organik (zat besi dari makanan non hewani), sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan anemia. Sekarang vitamin C juga menyedot perhatian lantaran kemampuannya sebagai antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat aktivitas molekul radikal bebas. Dalam tubuh molekul radikal bebas mengoksidasi protein, asam lemak, dan DNA. Kerusakan akibat radikal bebas berimplikasi pada timbulnya sejumlah penyakit, termasuk kanker, kardiovaskuler, dan katarak.

Secara signifikan, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dari makanan, termasuk jeruk segar, dapat mencegah kenaikan LDL teroksidasi. Kadar LDL teroksidasi tinggi merupakan faktor utama berkembangnya penyakit jantung. Beberapa penelitian epidemiologi memang telah memperlihatkan hubungan signifikan antara asupan vitamin C dengan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

Tingkat konsumsi makanan dengan kandungan folat tinggi, seperti jeruk segar atau dalam bentuk jus, akan meningkatkan kadar folat. Peningkatan kadar folat akan menurunkan kadar homocystein, yang merupakan racun bagi dinding pembuluh darah. Dengan menurunnya kadar homocystein, risiko penyakit kardiovaskuler juga berkurang.

Vitamin C dalam bebuahan, termasuk jeruk, secara ilmiah juga bisa dijelaskan peranan positifnya dalam memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker. Hasil penelitian epidemiologi menunjukkan, tingkat konsumsi bebuahan, salah satunya jeruk, dan sesayuran yang tinggi memiliki efek perlindungan terhadap kanker lebih baik dibandingkan dengan tingkat konsumsi vitamin C (dari makanan suplemen) yang tinggi.

Karena oksidasi lensa mata memainkan peranan penting pada pembentukan penyakit katarak, peranan antioksidan, termasuk vitamin C, menjadi penting. Dari hasil penelitian diperlihatkan bahwa individu dengan konsentrasi vitamin C dan karotenoid dalam darah yang tinggi memiliki risiko terkena katarak lebih rendah. Namun, tidak ada bukti yang memperlihatkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi dalam jangka waktu lama menurunkan risiko terkena katarak.

Jeruk sebagai sumber vitamin C juga diduga memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti pengeroposan tulang (osteoporosis), batu ginjal, gangguan fungsi kognitif, dan asma. Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan dugaan tersebut.

Untuk memelihara kesehatan dan menjaga kecukupan cadangan vitamin C dalam tubuh, disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C sebanyak 30 – 100 mg per hari. Kebutuhan ini sudah cukup terpenuhi dengan sebuah jeruk berukuran sedang. Jeruk seukuran itu mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Atau, dengan mengkonsumsi satu gelas, sekitar 225 ml, jus jeruk per hari. Walaupun beberapa penelitian terbaru menunjukkan, konsumsi di atas 200 mg per hari dapat secara optimal mencegah timbulnya beberapa penyakit kronis, mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen secara berlebihan (di atas 500 mg per hari) dapat menimbulkan efek negatif, terutama bagi mereka yang berisiko menderita kelebihan zat besi.

Menjaga tekanan darah normal

Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Konsumsi folat per hari disarankan 180 mcg untuk wanita dan 200 mcg untuk pria. Sebagian kebutuhan itu bisa dipasok dari jeruk. Dalam satu gelas, 225 ml, jus jeruk terkandung 75 mcg asam folat bagi tubuh.

Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral. Salah satunya potasium. Mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh. Sebagai komponen penting elektrolit, potasium memainkan peranan pada transmisi impuls syaraf ke otot, proses kontraksi otot, dan menjaga tekanan darah normal. Konsumsi potasium disarankan sebanyak 2000 mg per hari. Sebagian jumlah itu bisa dipenuhi oleh jeruk. Segelas, 225 ml, jus jeruk memberikan 500 mg potasium.

Memang, kasus kekurangan potasium sangat jarang ditemukan. Perhatian lebih banyak tertuju pada rasio konsumsi sodium terhadap potasium. Rasio tinggi merupakan faktor risiko terhadap penyakit kronis.

Dalam jeruk juga terkandung senyawa fitokimia. Senyawa khas tanaman ini memiliki efek fisiologis luas dan membantu mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Mekanisme pencegahannya meliputi kemampuannya sebagai antioksidan, efeknya pada proses pembelahan sel, meningkatkan aktivitas enzim dalam menghilangkan karsinogen (zat penyebab kanker), dan pemblokiran senyawa nitrosamin. Asupan senyawa ini hanya dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan asal tanaman, salah satunya jeruk, sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari.

Continue Reading!
 

blogger templates | Make Money Online