Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Saturday, August 16, 2008

Tidur yang Sehat!~?

Insomnia atau gangguan tidur sebenarnya tak hanya kondisi sulit tidur, tapi juga seluruh gangguan tidur, seperti sering terjaga saat tidur, sulit memulai tidur, hingga tidak bisa mencapai kualitas tidur yang normal.

Dibandingkan dengan pria ternyata wanita kini lebih banyak menderita insomnia. Mengapa demikian? Segudang aktivitas kini dijalani oleh para perempuan; mengurus anak, bekerja, melanjutkan kuliah, dan masih banyak peran lainnya. Semua itu membuat kita mudah menyimpan kekhawatiran dan kecemasan di alam bawah sadar. Akibatnya mata pun sulit terpejam meski tubuh telah terbaring di kasur empuk.

Minum obat tidur sering dipilih sebagian penderita insomnia. Padahal meski bisa membuat mata terpejam sebenarnya obat-obatan itu tak dapat menghasilkan tidur yang sehat dan berkualitas. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Kenali penyebab stres
Daripada pikiran terus melayang lebih baik tuliskan di atas kertas semua beban pikiran dan kegelisahan yang Anda rasakan. Hal ini akan membantu Anda menentukan langkah untuk mengatasinya satu persatu. Saat pikiran sudah plong biasanya tidur jadi tak sulit lagi.

2. Rutin berolahraga
Olahraga secara teratur sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu biasanya kantuk lebih mudah datang saat tubuh lelah.

4. Hindari kafein
Bukan hanya kopi, tapi juga minuman bersoda dan teh mengandung kafein. Hindari minuman tersebut di siang hari.

5. Tidurlah saat lelah
Jangan hanya berbaring memandangi langit-langit kamar dan memikirkan cara untuk tidur. Lakukan aktivitas sebelum tidur yang bisa memancing kantuk, misalnya membaca buku, mendengarkan musik atau menonton televisi. Saat tubuh sudah rileks dan siap untuk tidur segeralah naik ke tempat tidur.

6. Relaksasi
Bayangkan Anda sedang berada di tempat yang paling disukai atau lokasi yang sudah lama Anda impikan, biarkan seluruh otot dari kaki hingga kepala menjadi rileks. Mengikuti kelas yoga atau pilates sangat membantu Anda berlatih relaksasi.

7. Melatonin
Hormon melatonin merupakan obat tidur yang alami. Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsinya.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online