Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Saturday, August 9, 2008

Gugup Saat Presentasi? BASI!!!



Tampil penuh percaya diri menjelang presentasi akan menghasilkan hasil yang baik dan memuaskan.Jangan sampai citra perusahaan yang Anda bawa menjadi rusak hanya karena Anda kurang pesiapan dan kelewat gugup menjelang presentasi.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini agar Anda memiliki persiapan yang cukup dan tidak tampil mengecewakan!

Siapkan Bahan
Materi pembahasan presentasi haruslah Anda siapkan selengkap dan sedetil mungkin. Pastikan apa yang akan Anda utarakan semuanya berdasarkan fakta dan ada data yang dapat menguatkan tampilan Anda saat presentasi.

Siapkan Perlengkapan
Pastikan Anda atau tempat Anda akan melakukan presentasi memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan juga berapa banyak jumlah setiap alat yang dibutuhkan sehingga pada hari H Anda tidak perlu lagi repot mencari semua peralatan yang dibutuhkan karena sudah disiapkan sebelumnya.

Kenali Medan
Sebelum presentasi, cari tahu seperti apa medan yang akan Anda hadapi. Pastikan seperti apa karakteristik audiens Anda, agar Anda bisa mendapatkan bayangan gaya bahasa seperti apa dan materi apa yang sekiranya cocok dan masuk dengan audiens, agar prsentasi Anda dapat diterima dengan baik.

Latihan
Ingat dengan ungkapan practice makes perfect? Tentunya dalam hal ini juga berlaku bagi Anda. Dua hari menjelang presenntasi mulailah latih diri Anda berbicara di depan cermin dan mintalah orang lain untuk menilai dan memberi masukan atas penampilan Anda. Dengan begitu kesalahan pun dapat diminimalisir dan di hari H Anda akan tampil lebih percaya diri.

Makan dan Minum Cukup
Pastikan perut Anda tidak dalam keadaan kosong. Perut yang lapar akan membuat konsentarsi menjadi pecah dan sebaliknya perut yang terlalu penuh akan membuat Anda menjadi ngantuk. Makan dan minumlah dalam porsi yang cukup, dengan begitu Anda akan terlihat fit dan segar.

Tarik Nafas Panjang
Tarikan nafas yang panjang dipercaya dapat menghilangkan perasaan gugup. Selain itu berdoalah agar presentasi yang akan Anda bawakan berjalan lancar, dengan begitu Anda akan terlihat lebih relaks dan percaya diri.

sumber: hanyawanita.com

2 comments:

  1. wa juga punya masalah sama nih klo presentasi or bicara didepan umum gugup melanda... yah klo nyanyi yah jadi fales... emang dibelakang namaku perlu dikasih falsh deh, semoga tipsnya berguna deh... ada trik lain gak supaya gak gugup, katanya sih pegang sesuatu ditanganmu supaya bila merasa tegang tidak terlihat.

    ReplyDelete
  2. Wah, makasih banget tuh tips nya ^_^

    Huumm.... Yaahh, kalo menurut saya sendiri cara ngomong di depan publik itu bisa dilatih di depan publik.
    Waktu saya kelas 1 SMA dulu sih itu waktu disuru baca di depen kelas doang sampe gemetaran, tangannya gemetaran asli!
    pengalaman tak terlupakan :D

    Kalo sekarang udah agak lumayan kalo disuruh di depan publik ngomong, meskipun kadang2 bisa canggung sedikit ^^
    Tapi udah baikan dari 2 tahun lalu lah :D

    Intinya sih, cuma sering2 latihan keluar di depan publik, ngomong2 aja sihh :D

    ReplyDelete

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online