Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Saturday, August 16, 2008

Robot Berbentuk Pil Telah Hadir!





Pernah dengar tentang kamera yang berbentuk pil? Konon kamera ini digunakan dalam dunia kedokteran untuk memeriksa bagian bagian tubuh pasien yang susah dijangkau secara manual. Nahh, sekarang sudah diciptakan robot kecil berbentuk pil. (Wow keren)

Robot kecil ini mempunyai kamera yang dapat mengambil gambar di dalam tubuh manusia dan mengirim gambar tersebut secara nirkabel (wireless).

Kenapa disebut robot? karena di "pil" ini terdapat kaki dan juga semacam jangkar kecil serta perekat yang berguna untuk menelususi bagian dari tubuh manusia dan bila sudah mencapai titik yang diinginkan, robot ini akan merenggangkan kakinya serta dengan bantuan perekat (addhesive) yang ada akan diam di titik tersebut.

Robot Pil ini sendiri hanya berukuran 10mm (lebar) dan 30 mm (panjang) dan cara penggunaannya adalah dengan menelan robot pil ini seperti layaknya anda menelan obat.

Diharapkan dengan penemuan ini, bukan saja para dokter bisa mengambil foto dalam tubuh manusia tetapi robot pil ini dapat digunakan untuk hal lainnya seperti "mengantar" obat langsung ke titik tertentu serta pengobatan lainnya.

Walaupun demikian, robot pil ini masih mempunyai satu masalah yaitu pada bagian untuk berdiam di satu titik tertentu karena penggunaan kaki yang terlalu kencang akan dapat mengakibatkan luka pada bagian dalamnya.

2 comments:

  1. bukanya info ini udah lama banget yah, klo gka slah udah 5 tahunan lebh deh

    ReplyDelete
  2. -_- Yang aku tau sih kameranya bentuk pilnya udah lama..

    Tapi klo robotnya.. blom pernah denger si ^^

    ReplyDelete

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online