Digikid is available in Chinese and English now!!
Digikid sudah ada dalam Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris lho ^^
Check it out! Digi-ch, Digi-eng

Thursday, July 17, 2008

TIKUS 1 TON DI DUNIA??


Ilustrasi yang dirilis Institute of Physics of Montevideo memperlihatkan sosok tikus seberat satu ton yang pernah menghuni Amerika Selatan empat juta tahun lalu.



PARIS, RABU - Bayangkan saja seperti apa rupa seekor tikus jika beratnya saja mencapai satu ton. Monster hewan pengerat itu pernah menghuni kawasan hutan berawa-rawa di Amerika Selatan empat juta tahun lalu.

Para pemburu fosil berhasil mengungkap jejak tikus terbesar dan terberat sepanjang sejarah itu dari fosil yang ditemukan di Pantai Kiyu, Uruguay. Tengkoraknya saja berdiameter 53 centimeter. Selain fosil tengkorak, juga ditemukan fosil giginya yang masing-masing sepanjang beberapa centimeter.

Meskipun sosoknya menakutkan, makhluk tersebut bukan termasuk jenis karnivora atau pemakan daging.



Secara umum, hewan pengerat ini mungkin mirip capybara, tikus seberat 60 kilogram yang masih hidup saat ini. Namun, dengan postur sebesar itu, ia lebih mirip kudanil daripada seekor tikus.

Giginya yang ramping menunjukkan bahwa tikus tersebut tidak memiliki otot-otot yang kuat untuk mengunyah. Ia mungkin memangsa tumbuh-tumbuhan lunak, buah, atau tumbuhan air di delta sungai yang tersedia melimpah. Para ilmuwan memperkirakan, tikus raksasa ini hidup di habitat bersama harimau bergigi pedang, burung pemakan daging, dan armadilo.

Tikus purba ini diidentifikasi sebagai spesies baru dengan nama Josephoartigisia monesi, diambil dari nama Alvaro Monesi, seorang peleontolog Uruguay yang juga pakar dunia tikus di Amerika Selatan. Temuan fosil ini dilaporkan dalam Proceedings of the Royak Society B edisi terbaru.

Penulis laporan tersebut, Andres Rinderknecht dari National Museum of Natural History and Anthropology dan Ernesto Blanco dari Institute of Physics di Montevideo, mengatakan bertanya antara 468 kilogram hingga 2,5 ton. Namun, perkiraan yang paling masuk akal sekitar satu ton jika diukur berdasarkan perbandingan dengan hystricognath, hewan sejenis yang paling dekat kekerabatannya.

sumber : www.kompas.com

2 comments:

  1. huaaaa....gawat banget ya ??

    untung udah punah 4 juta tahun lalu ya ?? kalo nggak, gawat juga kalo ada tikus kaya gini keliaran di atap rumah saya, bisa hancur rumah saya (^_^)

    ReplyDelete
  2. hohoho, benar sekali, mungkin matinya kemakan dinosaurus, atau sejenis apa gitu, wwkkwkwkw

    ReplyDelete

Halooo ^^ Silahkan tinggalkan komentar Anda, untuk yang punya gmail, silahkan pake google account, tersedia juga bagi yg punya openID, kalau cuma nama boleh tulis di Name/Url


Makasih

 

blogger templates | Make Money Online